15 Jenis Makanan Ikan Mas yang Mampu Membuatnya Cepat Tumbuh Besar

Ikan hias yang mudah dipelihara apalagi kalau bukan ikan mas. Ya, ikan ini sudah lama dipelihara sebagai ikan hias karena mempunyai warna-warni yang menarik. Daya tarik ikan mas utamanya terdapat pada tubuhnya yang berwarna cerah. Ada yang berwarna putih, hitam, kuning, oranye, dan merah. Gerakan berenangnya juga lincah. Ikan mas mempunyai karakteristik yang aktif sekali. Ikan-ikan mas ini senang berenang kian-kemari. Sehingga akuarium yang dihuni oleh ikan mas akan terlihat sangat atraktif.

Memelihara ikan mas juga tak terlalu sulit kok. Ikan ini notabene memiliki daya tahan yang sangat baik. Kemampuan beradaptasinya juga begitu mengagumkan dan bisa bertahan hidup di berbagai lingkungan perairan. Soal urusan makanannya pun ikan mas ini tak terlalu rewel. Ikan mas pada dasarnya termasuk binatang omnivora yang suka memakan apa saja. Jadi ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa Anda berikan kepada ikan ini. Apa sajakah bahan makanan yang cocok diberikan kepada ikan mas ini?

Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang bisa Anda berikan kepada ikan mas karena memang ikan ini bersifat omnivora. Namun sebaiknya Anda tidak perlu memberikan makanan yang aneh-aneh kepada ikan mas. Misalnya seperti berudu, cicak, belalang, keong, bekicot, atau pupa. Mengapa? Karena selain menyulitkan diri Anda sendiri untuk mendapatkannya, kandungan nutrisi di dalam pakan-pakan ini juga belum pasti. Bukan tak mungkin pakan-pakan yang Anda ambil langsung di alam ini justru mengandung racun yang berbahaya bagi ikan mas.

makanan-ikan-mas.jpg

Berikut ini makanan-makanan yang kami rekomendasikan untuk diberikan kepada ikan mas peliharaan Anda!

PELET

Pakan utama yang bisa Anda berikan ke ikan mas yaitu pelet. Pelet adalah makanan ikan yang terbuat dari berbagai bahan sehingga mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Pelet ini selalu tersedia di toko ikan hias. Harganya berbeda-beda tergantung nutrisi yang terdapat di dalamnya. Anda bisa memakai pelet sebagai pakan utama untuk ikan mas. Sayangnya harga pelet ini cukup mahal jika untuk keperluan budidaya. Sebagai alternatifnya, Anda bisa membuat pelet ikan sendiri.

IKAN KECIL

Ikan mas juga suka memangsa ikan-ikan kecil yang terdapat di sekitarnya. Ikan ini akan memburu ikan kecil tersebut, menangkap, lalu memangsanya sampai habis tak tersisa. Sebenarnya ini bukan perilaku kanibal karena ikan yang dimangsa tersebut bukanlah ikan mas yang masih kecil, melainkan ikan dari jenis yang lainnya. Anda dapat membelinya di toko ikan hias atau mencarinya langsung di sungai. Selain diberikan hidup-hidup, Anda juga bisa mengolah daging ikan ini menjadi pelet terlebih dahulu.

BEKATUL

Bekatul dikenal pula dengan sebutan dedak. Biasanya bekatul ini terbuat dari serbuk sisa penggilingan padi atau jagung. Selain digunakan sebagai pakan unggas, membuat log jamur, atau media tanam, dedal alias bekatul ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai pakan untuk ikan mas. Bekatul mengandung unsur karbohidrat yang tinggi sehingga mampu membuat ikan mas Anda cepat besar. Anda bisa menebarkan bekatul ini secara langsung ke kolam.

AMPAS TAHU

Jika kebetulan di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda terdapat pabrik pembuatan tahu, Anda bisa membeli ampasnya untuk dijadikan sebagai pakan ikan mas. Ini merupakan pakan yang murah meriah untuk ikan serta mengandung nilai gizi yang tinggi. Terutama kandungan protein yang banyak terdapat di dalam kedelai masih tersisa cukup banyak di dalam ampas tahu ini. Jikalau Anda mau ikan mas yang dipelihara cepat tumbuh besar, salah satu caranya Anda bisa rutin memberikan ampas tahu.

AMPAS KELAPA

Bila tidak ada pabrik tahu di sekitar tempat tinggal Anda, sebagai alternatifnya Anda juga bisa memakai ampas kelapa. Ternyata ampas kelapa ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan mas loh. Ampas kelapa ini banyak sekali mengandung protein dan lemak nabati yang bagus untuk mendukung pertumbuhan ikan mas. Anda bisa mengumpulkannya dari limbah rumah tangga. Daripada membuang percuma, Anda bisa meminta warga sekitar mengumpulkan ampas kelapa yang sudah diambil santannya.

ROTI

Roti untuk pakan ikan mas? Kedengarannya mahal sekali biayanya ya kalau kita harus memberikan roti sebagai pakan ikan. Bahkan kalau dibandingkan pelet, harga roti ini jauh lebih mahal. Tapi di sini Anda tidak menggunakan roti yang masih layak dikonsumsi manusia untuk diberikan ke ikan mas. Melainkan roti tersebut sudah kadaluwarsa. Biasanya pabrik-pabrik pembuat roti, toko bakery, toko swalayan, atau warung akan membuang roti yang sudah tak layak makan lagi. Roti inilah yang bisa Anda berikan ke ikan.

contoh-pakan-ikan-mas.jpg

Selain bahan-bahan makanan di atas, Anda juga bisa memberikan pakan-pakan di bawah ini ke ikan mas yang Anda pelihara. Di antaranya yaitu :

  • Sayur-mayur : kubis, kangkung, dan sawi putih.
  • Buah-buahan : pepaya, pisang, mangga, dan semangka.
  • Daun talas
  • Cacing tanah
  • Cacing darah
  • Kroto semut
  • Ulat hongkong
  • Jeroan ayam
  • Sisa makanan rumah