20 Perbedaan Lengkap Antara Sepakbola dan Futsal, Lebih Suka Mana?

Kami yakin Anda pasti sudah akrab sekali dengan permainan olahraga sepakbola, kan? Yap, sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh orang-orang di seluruh dunia. Bahkan ajang perhelatan Piala Dunia adalah kejuaraan olahraga terbesar. Kini telah berkembang sebuah permainan olahraga yang sepintas mirip sekali dengan sepakbola. Namanya yaitu futsal. Futsal berbeda dengan sepakbola. Keduanya tidak bisa disamakan antara satu dengan yang lain.

Futsal adalah olahraga yang sangat mirip seperti sepakbola. Boleh dibilang kalau futsal ini versi mini dari sepakbola. Mulai dari perlengkapan pemain, aturan permainan, dan cara bermain keduanya hampir serupa satu dengan yang lainnya. Persamaan sepakbola dan futsal yang utama yakni keduanya sama-sama merupakan permainan olahraga yang menendang bola memakai kaki dengan tujuan untuk dimasukkan ke gawang. Tetapi antara sepakbola dan futsal adalah dua jenis permainan olahraga yang berbeda.

SEPAKBOLA

Sepakbola pada umumnya dimainkan di lapangan outdoor dengan ukuran panjang 90-120 m dan lebar 45-90 m. Lapangan ini menggunakan alas berupa rumput asli. Setiap tim sepakbola terdiri dari 11 orang pemain, termasuk penjaga gawang. Permainan ini memakai bola yang berdiameter 68-71 cm, bobot 396-453 gram, tekanan angin 8-12 psi, dan pantulan 60 cm dari ketinggian 1 m. Sepakbola memakai gawang yang berukuran lebar 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Olahraga ini dimainkan selama 2 x 45 menit dengan tambahan waktu 2 x 15 menit jika perlu.

Para pemain sepakbola mempunyai kesempatan beristirahat antara babak pertama dan babak kedua selama 15 menit. Pergantian pemain harus mendapatkan izin dahulu dari wasit, di mana aturannya pemain yang diganti harus keluar dari lapangan dulu kemudian pemain pengganti bisa masuk ke lapangan. Setiap tim sepakbola mempunyai jatah penggantian pemain selama 3 kali. Juga ada 3 orang wasit yang berjaga di permainan sepakbola yaitu 1 wasit utama dan 2 wasit penjaga garis. Bola yang keluar garis harus dilemparkan kembali ke dalam lapangan.

Para pemain boleh melakukan kontak fisik selama tidak membahayakan. Pelanggaran yang parah akan mendapatkan peringatan oleh wasit berupa kartu merah. Pemain yang sudah menerima kartu merah tak boleh bermain lagi selama permainan berlangsung. Offside terjadi manakala bola dioperkan ke pemain kawan yang berada di barisan paling depan. Pengoperan bola ke kiper (back pass) pada sepakbola tidak terbatas. Secara keseluruhan, aturan pada sepakbola ini jauh lebih kompleks daripada futsal.

FUTSAL

Kebanyakan permainan futsal diselenggarakan di lapangan indoor yang menggunakan alas berupa lantai beton atau rumput sintetis. Lapangan futsal berukuran panjang 25-42 m dengan lebar 15-25 m. Jumlah pemain futsal sebanyak 5 orang/tim dengan pergantian pemain yang bisa terjadi kapan pun tanpa ada batasan. Bola yang dipakai di permainan futsal memiliki diameter 62-64 cm, bobot 400-440 gram, tekanan angin 0,4-0,6 atm, serta daya pantul 55-65 cm. Permainan ini menggunakan gawang yang berukuran tinggi 2 m dan lebar 3 m.

Permainan futsal berlangsung selama 2 x 20 menit. Saat hasil skor kedua tim masih seri setelah waktu utama habis akan ada waktu tambahan selama 2 x 5 menit. Sedangkan waktu istirahat yang didapatkan adalah 10 menit. Menariknya ialah pemain futsal bisa keluar dan masuk ke lapangan kapan saja tanpa perlu memperoleh izin dari wasit. Di sini ada 2 orang wasit yang bertugas memimpin pertandingan. Keduanya sama-sama berada di luar lapangan. Kontak fisik antara pemain tidak boleh terjadi pada permainan futsal ini.

Jika bola keluar, pemain futsal harus memasukkannya lagi ke lapangan dengan cara ditendang. Pemain yang melanggar keras akan mendapatkan kartu merah dan harus keluar lapangan. Tapi setelah 2 menit berlalu atau tim lawan mampu mencetak gol, pemain ini bisa digantikan oleh pemain cadangan. Tidak ada aturan offside pada permainan futsal sehingga pemain bisa mencetak gol lebih leluasa. Namun pengoperan bola ke kiper hanya boleh dilakukan 1 kali saja. Bagaimana pun aturan permainan futsal lebih fleksibel.

PERBEDAAN

Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara sepakbola dan futsal, antara lain :

  1. Sepakbola dilakukan di lapangan oudoor. Sedangkan pertandingan futsal di lapangan indoor.
  2. Ukuran lapangan sepakbola lebih besar dibandingkan dengan lapangan futsal.
  3. Lapangan sepakbola memakai alas berupa rumput asli. Berbeda dengan lapangan futsal yang menggunakan lantai beton atau rumput sintetis.
  4. Setiap tim sepakbola terdiri dari 11 orang pemain. Sementara itu, jumlah pemain futsal adalah 5 orang/tim.
  5. Bola yang digunakan pada permainan sepakbola berukuran lebih besar daripada bola untuk futsal.
  6. Bola pada sepakbola juga mempunyai bobot yang lebih berat ketimbang bola futsal.
  7. Sepakbola menggunakan gawang yang lebih tinggi dan lebih lebar dibandingkan futsal.
  8. Durasi waktu pertandingan sepakbola lebih lama yaitu 2 x 45 menit dibandingkan dengan futsal selama 2 x 20 menit.
  9. Tambahan waktu pertandingan pada sepakbola adalah 2 x 15 menit. Sedangkan waktu tambahan futsal ialah 2 x 5 menit.
  10. Pemain sepakbola mendapatkan kesempatan waktu beristirahat yang lebih lama daripada pemain futsal.
  11. Berbeda dengan pemain sepakbola, pemain futsal bebas melakukan pergantian kapan pun dia mau.
  12. Ada batasan jumlah pergantian pemain pada sepakbola. Namun aturan ini tidak ada di futsal.
  13. Pemain sepakbola yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari lapangan dan tak bisa digantikan. Berbeda dengan pemain futsal yang masih boleh diganti.
  14. Wasit yang mengatur pertandingan sepakbola sebanyak 3 orang. Sementara itu, ada 2 orang wasit pada pertandingan futsal.
  15. Kontak fisik antara pemain sepakbola masih diperbolehkan asalkan tidak berbahaya. Hal ini berbeda dengan futsal, di mana pemainnya sama sekali tidak boleh kontak fisik.
  16. Pada permainan sepakbola, pengembalian bola ke lapangan dilakukan dengan cara dilempar. Sedangkan untuk futsal, bola harus ditendang.
  17. Berbeda dengan sepakbola, tidak ada offside pada permainan futsal.
  18. Pemain sepakbola boleh mengoperkan bola ke penjaga gawang sesuka hati. Tetapi pemain futsal hanya boleh mengoperkan bola ke kiper sekali saja.
  19. Pemain futsal hanya memiliki 5 kali kesempatan untuk melakukan pelanggaran. Beda dengan pemain sepakbola yang tak ada batasannya selama tidak mendapatkan kartu merah, dia masih bisa bermain.
  20. Jumlah gol yang berhasil dicetak pada pertandingan futsal biasanya lebih banyak daripada pertandingan sepakbola.