Kenali Ciri-ciri Kopi Luwak yang Asli, Jangan Sampai Tertipu yang Palsu

Kopi luwak dikenal sebagai salah satu kopi dengan harga yang paling mahal di dunia. Seiring dengan meningkatnya pamor kopi luwak, ada banyak orang yang berusaha meraih keuntungan menjadi produsen kopi luwak. Sayangnya tak semua orang bisa bersikap jujur saat berdagang. Selalu ada saja oknum yang berperilaku curang untuk mendapatkan keuntungan. Termasuk penjual kopi luwak pun ada yang nakal menjual produk yang palsu.

Anda harus menyadari bahwa tidak semua kopi luwak yang harganya mahal itu asli atau sebaliknya kopi luwak yang harganya miring itu palsu. Di pasar Indonesia sendiri, harga kopi luwak sangat beragam dan mempunyai rentang harga yang cukup jauh. Sayangnya belum ada sertifikasi resmi dari pemerintah yang menandakan keaslian kopi luwak. Sehingga orang bisa sembarangan mengklaim suatu kopi itu kopi luwak.

Kopi luwak adalah kopi yang telah melalui proses fermentasi biji kopi yang terjadi di perut luwak. Biji kopi yang telah dicerna tersebut lantas keluar bersama dengan kotoran. Setelah itu, biji-biji kopi ini dikumpulkan dan disortir berdasarkan kualitasnya. Barulah kemudian dilakukan proses pengolahan lebih lanjut hingga menjadi minuman kopi. Kopi luwak liar mempunyai rasa yang lebih kaya sebab luwak liar mengandalkan insting untuk mencari biji kopi terbaik. Beda dengan luwak yang ditangkarkan, di mana buah kopi sudah disediakan oleh petani.

Kenyataannya adalah membedakan antara kopi luwak yang asli dengan kopi luwak palsu hanya melalui pengamatan fisiknya sulit untuk dilakukan. Biji kopi luwak mempunyai rupa yang mirip sekali dengan biji kopi biasa. Tidak ada pembeda yang mencolok dari kedua jenis kopi tersebut. Namun Anda tidak usah khawatir sebab antara kopi luwak yang asli dan palsu masih dapat dibedakan melalui karakteristik rasa dan kandungan kafein di dalamnya.

Berikut ini ciri-ciri utama kopi luwak di antaranya :

Karakteristik Rasa

Minuman kopi yang dibuat dari biji kopi luwak mempunyai karakteristik rasa yang lebih lembut daripada kopi biasa. Bahkan Anda bisa merasakan perbedaannya mulai dari tegukan yang pertama. Khusus untuk kopi luwak yang terbuat dari kopi arabika, rasanya memiliki nuansa penuh buah-buahan (fruity). Sementara itu untuk kopi luwak dari biji kopi robusta mempunyai kecenderungan rasa mint.

Kandungan Kafein

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kopi luwak, selain memiliki cita rasa dan aroma yang nikmat tentunya, kopi luwak ini mengandung kafein dengan kadar yang lebih rendah daripada kopi biasa. Penyebabnya karena kopi ini sudah melalui tahap fermentasi di dalam perut luwak. Jadi kalau Anda meminum kopi luwak tidak akan mengalami rasa deg-degan setelahnya. Bisa dibilang kopi ini lebih aman diminum.

Kisaran Harga

Seharusnya kopi luwak mempunyai nilai harga yang lebih tinggi daripada kopi biasa. Rata-rata harga minuman kopi luwak yang sudah diseduh adalah Rp 100 ribu-300 ribu per cangkir. Sedangkan untuk harga kopi luwak dalam bentuk bubuk mencapai lebih dari Rp 1 juta per kilogram. Harga ini sangatlah wajar karena kopi luwak mempunyai sensasi yang begitu nikmat serta tingkat permintaan yang tinggi.