5 Tips Bersepeda Jarak Jauh yang Aman, Utamakan Keselamatan Anda

Bersepeda tidak hanya mengendarai sepeda menyusuri jalanan. Tetapi lebih dari itu, kita bisa berpetualang menuju tempat yang menarik menggunakan sepeda. Dijamin pasti rasanya jauh lebih menantang dan menyenangkan dibandingkan dengan mengendarai kendaraan bermotor. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh, semakin kompleks pula pengalaman yang akan didapatkan dengan pemandangan yang belum pernah kita nikmati sebelumnya.

Tentu saja untuk dapat bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, Anda harus mempersiapkan diri dan sepeda sebaik-baiknya. Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya masalah yang mungkin bisa timbul di tengah perjalanan. Contoh yang paling sepele ialah kebocoran pada ban yang akan membuat Anda mau tidak mau menuntun sepeda kalau tidak bisa menambalnya sendiri. Pastikan pula kedua rem sepeda yang melengkapinya masih berfungsi baik sebab Anda tidak mengetahui kondisi jalan yang baru pertama kali akan dilalui.

Selain mempersiapkan sepeda sebagai kendaraan utama, Anda pun perlu menyiapkan fisik dengan baik. Untuk dapat menempuh jarak yang jauh, Anda membutuhkan tenaga yang lebih banyak daripada biasanya. Jangan sampai fisik Anda merasa kelelahan sebelum melakukan perjalanan pulang. Jika sampai terjadi, Anda sendiri yang akan menanggung risikonya seperti tidak kuat mengayuh pedal serta kehilangan konsentrasi.

Di bawah ini kiat-kiat yang mungkin berguna bagi Anda yang ingin bersepeda jarak jauh sebentar lagi :

  1. Minimal seminggu sebelum perjalanan jauh Anda dengan mengendarai sepeda dimulai usahakan berlatihlah secara rutin. Anda harus bersepeda setiap hari untuk melatih otot-otot tubuh. Berlatihlah dengan kecepatan yang stabil, jangan bersepeda santai. Pada saat otot Anda sudah terlatih dengan baik, Anda tidak akan merasa kaget lagi untuk menaklukkan jarak yang jauh.
  2. Sehari sebelum pelaksanaan sepeda jarak jauh, Anda wajib beristirahat secukupnya. Bersantailah untuk melonggarkan otot-otot tubuh yang sebelumnya telah dilatih. Lakukan beberapa gerakan peregangan untuk membuat Anda merasa lebih rileks dan fit. Dengan begini, Anda akan merasa bugar keesokan harinya sehingga siap mengarungi jalan.
  3. Bekali diri Anda dengan bahan makanan yang bernutrisi tinggi. Pilih makanan yang kaya akan mineral dan serat. Hal ini akan membantu menjaga stabilitas tubuh Anda selama mengendarai sepeda. Hasilnya Anda tidak akan merasa terlalu kelelahan atau kehilangan fokus meskipun harus menempuh jarak jauh menggunakan sepeda.
  4. Selain tubuh Anda, sepeda yang akan dipakai pun harus dipersiapkan dengan matang. Pastikan semua komponen penyusun sepeda tersebut dalam kondisi yang layak pakai. Cek pula penyetel gear untuk memastikannya dapat bekerja secara normal. Hal ini penting mengingat dalam perjalanan jauh nanti Anda akan berhadapan dengan jalan yang kondisinya bermacam. Ada tanjakan, turunan, berkelok-kelok, dan sebagainya. Untuk dapat menaklukkan jalan yang kondisinya seperti itu dengan mudah, Anda perlu memasukkan gigi pada posisi yang pas.
  5. Setelah berhasil menempuh jalan yang jauh memakai sepeda, Anda harus beristirahat terlebih dahulu. Hindari melakukan aktivitas lain secara langsung. Manjakan tubuh Anda sejenak dengan meminum air putih, mengonsumsi vitamin, dan menikmati bekal yang dibawa. Setelah dirasakan segar kembali, Anda bisa melanjutkan kegiatan yang lain.