Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Bersepeda? Coba Solusi Ini

Bersepeda merupakan olahraga yang murah dan menyehatkan. Selain bisa melatih otot-otot tubuh, di saat yang bersamaan kita pun bisa menikmati keindahan lingkungan di sepanjang jalan. Namun terkadang kram bisa datang secara tiba-tiba dan mengakibatkan kaki terasa kesemutan, sakit, dan sulit digerakkan.

Kondisi ini umumnya disebabkan pengendara sepeda menggunakan otot kaki yang lebih banyak. Kaki yang mengalami kram akan merasakan nyeri yang tajam di bagian kaki/betis karena otot kaki mengalami kontraksi atau membentuk simpul. Kondisi ini akan memaksa pengendara sepeda untuk turun dan beristirahat sejenak guna melemaskan kembali otot-otot di kakinya.

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kaki kram saat bersepeda. Misalnya seseorang yang telah lama tidak bersepeda akan memaksa otot kaki untuk mengayuh atau bersepeda saat terik akan mengurangi jumlah elektrolit di tubuh. Bisa juga kram kaki ditimbulkan oleh dehidrasi yang maksimal sampai usai yang sudah cukup lanjut. Lamanya waktu bersepeda serta tidak memadainya suplai darah juga turut andil menyebabkan seorang pesepeda mengalami kram di bagian kaki.

Lantas bagaimana sih caranya mencegah dan mengatasi kram kaki pada saat kita sedang bersepeda? Berikut ini kiat-kiat dari kami untuk Anda!

  • Wajib hukumnya melakukan pemanasan terlebih dahulu minimal selama 5 menit. Dengan melakukan stretching, otot-otot kaki Anda akan terbangun dan siap melakukan pekerjaan yang lebih berat.
  • Selalu awali dengan kayuhan pelan, kemudian tingkatkan kecepatan putaran pedal sepeda dengan stabil. Otot akan mengalami kejang jika Anda mengendarai sepeda secara tiba-tiba.

  • Paling sering kram kaki terjadi karena seseorang memaksakan diri terhadap kemampuannya. Jadi nilailah kekuatan yang Anda miliki dan beristirahatlah secukupnya.
  • Hindari bersepeda di cuaca ekstrim, baik di kondisi lingkungan yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Bersepeda saat terik menyebabkan tubuh cepat dehidrasi, sedangkan ketika dingin peredaran darah tidak lancar.

  • Bersepedalah dengan enjoy sambil sesekali beristirahat untuk menikmati keindahan alam. Tarik napas lebih dalam untuk mendapatkan pasokan oksigen yang maksimal.
  • Saat Anda mengalami kram pada kaki, segera turun dari sepeda dan cari tempat untuk beristirahat. Lakukan peregangan dan jangan lupa berikan pijatan ringan pada otot yang kram. Kompres kaki agar rasa nyerinya sedikit berkurang.