Bagaimana Cara Menggoreng Biji Kopi agar Aroma & Rasanya Terjaga?

Bagaimana cara menggoreng kopi yang benar? Peralatan apa sajakah yang dibutuhkan selama pengerjaan proses ini? Hal-hal apa pula yang harus diperhatikan saat penggorengan green beans? Dan pertanyaan yang tak kalah penting pula adalah bagaimanakah caranya menyimpan bubuk kopi yang tepat?

Biji kopi adalah bahan dasar untuk membuat secangkir minuman kopi yang nikmat. Sebelum dapat diseduh, biji tersebut harus disangrai atau digoreng tanpa minyak terlebih dahulu. Tujuannya supaya biji menjadi masak, aman dikonsumsi, serta rasa dan aromanya keluar.

Tidak segampang yang terlihat, proses penggorengan biji kopi ini memerlukan teknik tersendiri. Bukan tidak mungkin kesalahan dalam menggoreng green beans akan mengakibatkan rasa kopi tidak enak karena belum matang sempurna atau malah gosong. Jadi khusus bagi Anda yang sedang belajar, disarankan menggoreng biji kopinya sedikit demi sedikit ya!

Simak panduan selengkapnya di bawah ini dengan baik!

Alat dan Bahan :

  • Biji kopi
  • Wajan besi
  • Spatula kayu
  • Kompor gas

Langkah-langkah :

  1. Nyalakan kompor gas dengan api yang sedang. Letakkan wajan besi di atasnya. Tunggu selama beberapa saat agar wajan memanas secara merata.
  2. Setelah panas pada wajan tersebar rata, masukkan biji kopi secukupnya ke dalam wajan. Segera diaduk biji-biji kopi tersebut menggunakan spatula kayu supaya tidak gosong.
  3. Pada tahap awal penggorengan, biji kopi biasanya akan mengeluarkan minyak atsirinya. Anda harus tetap mengaduknya terus.
  4. Setelah 5-10 menit proses penggorengan berlangsung, Anda jangan kaget kalau biji kopi akan meletus. Itu tandanya kadar air di dalam biji kopi sudah berkurang drastis dan kondisinya pun mulai masak. Sebaiknya kecilkan api sekarang dan tetap aduk terus ya.
  5. Tidak lama kemudian, sekitar 5-10 menit, biji kopi yang sedang digoreng akan kembali mengeluarkan suara letupan yang kedua. Perhatikan warna permukaan biji kopi tersebut. Jika sudah tampak kuning keemasan, segera pindahkan biji kopi ini ke wadah lain yang tidak panas.
  6. Di wadah yang baru, proses penggorengan biji kopi tetap terus berlangsung karena temperaturnya masih panas. Jadi terus lakukan pengadukan sampai biji tidak mengeluarkan asap dan suhunya pun normal.

Alangkah baiknya, biji kopi yang baru saja dimasak ini langsung digiling menjadi kopi bubuk supaya aroma dan citarasanya dapat dipertahankan. Namun jika Anda lebih memilih untuk menyimpannya, simpan biji-biji kopi ini di toples kaca yang tertutup rapat. Jangan pernah menaruhnya di wadah yang terbuka atau toples plastik sebab bisa merusak sensasi kenikmatannya.