Cara Menghilangkan Karat Pada Sepeda Onthel, Bikin Kinclong Lagi Yuk

Semua orang mempunyai hobinya masing-masing. Termasuk Anda yang sangat menyukai sepeda onthel. Ini merupakan sepeda antik yang sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dari zaman penjajahan. Karena sarat akan nilai historis, sepeda onthel begitu istimewa. Semakin tua usianya, semakin banyak pula orang yang tertarik pada sepeda tersebut.

Seperti kita tahu, frame sepeda terbuat dari material besi. Apabila lapisan cat yang membungkusnya sudah mengelupas, frame ini gampang sekali berkarat akibat proses oksidasi. Jika dibiarkan begitu saja maka sepeda akan terkesan kumuh. Anda juga mungkin enggan mengendarai sepeda yang telah mengalami korosi ini. Selain itu, sepeda yang berkarat pun membuat strukturnya rapuh serta mudah rusak.

Anda bisa membersihkan karat yang terdapat di permukaan sepeda onthel menggunakan ampelas. Prosesnya ternyata sangat mudah loh. Mulailah dengan menggosok lapisan karat kasar pada sepeda tersebut memakai ampelas halus nomor 1000. Lakukan proses pengampelasan dengan gerakan searah dan berulang-ulang, jangan bolak-balik. Kemudian bilas dengan air bersih sampai serpihan karat yang telah terkikis hilang semuanya.

Langkah berikutnya semprotkan cairan pembersih kamar mandi tepat pada bagian sepeda yang berkarat. Biarkan selama 3-5 menit supaya cairan pembersih ini bekerja mengangkat lapisan karat dari frame besi. Lalu gosok sekali lagi menggunakan ampelas halus hingga area karatannya bersih. Ulangi langkah-langkah ini sampai seluruh bagian frame sepeda bebas dari karat. Setelah semuanya rampung, jangan lupa untuk melapisinya kembali dengan cat besi antikarat.

Kendati pengerjaannya cukup sederhana, tetapi metode di atas penuh risiko yakni terkikisnya frame sepeda sehingga ukuran ketebalannya semakin tipis. Bahkan jika proses pengampelasannya terlalu dalam akan mengakibatkan struktur sepeda tersebut menjadi ringkih serta gampang patah. Oleh karena itu, kami juga menawarkan solusi lain untuk menghilangkan karat pada sepeda yakni menggunakan cairan penghilang karat khusus. Anda bisa membeli cairan ini di toko.arafuru.com ya!

Berikut ini petunjuk dalam menggunakannya :

  1. Bersihkan permukaan sepeda yang berkarat menggunakan kain lap.
  2. Semprotkan cairan penghilang karat ini persis di area yang karatan.
  3. Tunggu sebentar selama 15-30 menit agar cairan ini bekerja menghilangkan karat.
  4. Gosoklah area yang karatan tersebut menggunakan sikat/spons hingga bersih.
  5. Lap kembali bagian yang telah dibersihkan tersebut dan lihat hasilnya.