Cara Merawat Sepeda Gunung (Mountain Bike) biar Nyaman Di-Gowes

Pada dasarnya MTB merupakan sepeda yang dirancang khusus untuk mendukung kegiatan bersepeda di pegunungan. Karena sering melalui medan off road, otomatis sepeda ini lebih rentan mengalami kerusakan. Perawatan yang benar dapat menjaga kondisi sepeda gunung kesayangan Anda agar awet.

Sepeda gunung (mountain bike) adalah sepeda khusus untuk menaklukan trek-trek di pegunungan, baik yang kondisinya kering maupun basah. Mengingat medan berat yang harus ditaklukan tersebut, artinya perlu perawatan yang ekstra terhadap sepeda MTB. Perawatan yang sembarangan tidak hanya akan mempercepat kerusakan sepeda, tetapi juga membahayakan Anda sebagai pengendaranya.

Di bawah ini kiat-kiat dari kami dalam merawat sepeda gunung yang tepat!

Bersihkan Sepeda secara Rutin

Pembersihan merupakan dasar utama dari setiap perawatan terhadap sepeda. Namun sayangnya kebanyakan pemilik sepeda malas melakukannya dengan berbagai alasan. Paling baik, sepeda mesti dicuci selepas digunakan ber-off road. Pembersihan sepeda dilakukan dengan mencuci seluruh permukaannya tanpa terkecuali menggunakan air, sampo kendaraan, busa, sikat gigi, dan kain microfiber. Jangan lupa oleskan minyak pelumas di sudut-sudut yang diperlukan setelah Anda selesai mencuci sepeda.

Pastikan Rem dapat Berfungsi dengan Baik

Pada sepeda gunung, rem merupakan bagian yang paling krusial. Rem memungkinkan Anda dapat mengendalikan laju sepeda dengan baik sehingga terhindari dari kecelakaan. Oleh karena itu, rem senantiasa harus diperhatikan kondisinya. Cek apakah rem dapat bekerja optimal sanggup menghentikkan laju sepeda. Periksa juga komponen rem bagian pengunci roda untuk memastikannya tidak aus.

Cek Kondisi Roda Meliputi Ban dan Rim

Roda sepeda terbentuk dari gabungan ban dan rim/pelek. Ban sepeda yang baik memiliki tekanan berkisar 30-40 psi dan tidak mengalami keretakan. Ban juga sebaiknya disemir secara berkala agar terlindungi dan tampak seperti baru. Sedangkan untuk rim sepeda, usahakan kedudukan pelek ini tidak goyang atau bergetar karena bisa mengurangi tingkat kestabilan laju sepeda.

Lindungi Rantai Menggunakan Pelumas Khusus

Jangan sampai rantai anda dalam kondisi yang kering dan tanpa pelumas sebab rentan putus. Aplikasikan pelumas khusus rantai secara teratur menyelimuti seluruh permukaan rantai sepeda tersebut. Bila perlu, kuaskan juga pelumas ini di bagian deraileur, tuas rem, dan kabel rem. Hindari penggunaan pelumas bekas oli motor karena justru akan menyebabkan debu dan kotoran mudah menempel.