Ciri-ciri Keracunan Kafein Setelah Anda Minum Kopi, Jangan Overdosis!

Kita sering meminum kopi untuk menikmati waktu bersantai. Kopi memang merupakan teman yang paling pas. Perpaduan antara cita rasa dan aromanya mampu menghidupkan suasana. Berkumpul menjadi lebih asyik dengan adanya secangkir kopi yang menemani. Kabar baiknya sekarang ada banyak sekali jenis-jenis minuman kopi yang telah ditemukan. Dijamin Anda tidak akan pernah bosan dengan minuman yang satu ini.

Para pencinta kopi umumnya akan memesan espresso. Sedangkan yang lainnya lebih memilih caffee latte atau cappuccino. Namun apapun itu, kopi memang selalu nikmat. Bahkan tidak jarang kita meminum beberapa cangkir kopi sekaligus karena terbuai dengan kenikmatannya. Tetapi Anda tetap perlu waspada. Usahakan jangan terlalu banyak meminum kopi. Sebab pada porsi tertentu Anda bisa keracunan kafein akibat mengonsumsi kopi.

Berikut ini merupakan ciri-ciri seseorang yang mengalami keracunan kafein akibat minuman kopi, di antaranya :

Sakit Perut

Masalah pada perut seperti mual, muntah, atau diare bisa terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein. Gejala sakit perut ini juga biasanya diikuti dengan nafsu makan yang menurun serta perasaan kram pada perut. Jika Anda menderita gejala-gejala ini setelah meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, ada kemungkinan ada keracunan kafein. Segera periksakan diri ke dokter.

Susah Tidur

Di satu sisi minuman kopi memang bermanfaat untuk membuat kita bisa terjaga lebih lama. Namun di sisi lain, mengonsumsi kopi terlalu banyak justru mengakibatkan Anda kesulitan untuk tidur. Saking sulitnya tidur, Anda merasa susah sekali untuk sekadar memejamkan mata. Tubuh sudah merasa sangat lelah tetapi mata tidak bisa ditutup dengan benar. Pada akhirnya Anda terus terjaga sepanjang malam.

Sering Kencing

Minuman kopi mengandung kafein yang sangat tinggi. Salah satu efek yang diberikan oleh kafein pada tubuh kita adalah diuretik. Efek diuretik ini membuat kita sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Semakin banyak minuman kopi yang dikonsumsi, semakin besar pula efek samping yang muncul. Karena terlalu sering kencing, tubuh akan kekurangan cairan sehingga Anda bisa mengalami dehidrasi.

Jantung Berdegup

Seseorang yang keracunan kafein juga akan mengalami degupan lebih kencang pada jantungnya. Tidak seperti biasanya, irama detak jantung tersebut jauh lebih cepat dan banyak. Hal ini membuat timbulnya perasaan yang tidak nyaman di dada. Anda merasa sesak napas, cemas, dan khawatir secara berlebihan. Bahkan pada kasus yang parah, masalah ini akan memicu serangan jantung mendadak hingga menyebabkan kematian.

Otot Gemetar

Tanda-tanda lain ketika Anda keracunan kafein yaitu otot yang gemetar. Tubuh Anda tiba-tiba menjadi gemetar tanpa suatu alasan yang jelas. Hal ini diawali dengan keluar keringat dingin dari tubuh, kemudian Anda merasa gemetar hebat. Otot-otot tubuh Anda seakan-akan berkontraksi secara tak beraturan. Anda seperti merasa kedinginan namun orang-orang di sekitar tidak merasakan hal yang sama.

Perasaan Berubah

Kalau setelah meminum kopi lalu perasaan (mood) Anda tiba-tiba berubah tanpa suatu alasan yang jelas, maka kemungkinan besar Anda sedang keracunan kafein. Kafein memang bisa mengubah mood seseorang dengan cepat. Rasa gelisah, kesal, mudah marah, gampang tersinggung, tidak percaya diri, dan perasaan-perasaan buruk lainnya akan muncul apabila Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak.