Macam-macam Ukuran Ban Sepeda serta Penggunaannya yang Tepat

Ternyata ada bermacam-macam ukuran ban untuk sepeda loh. Masing-masing dari ukuran tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tidak selamanya ban sepeda yang berukuran besar lebih bagus digunakan daripada ban yang memiliki diameter lebih kecil. Sebab ban yang besar membuat kita sulit melakukan manuver. Oleh sebab itu, pemilihan ban ini pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukuran ban sepeda yang lazim digunakan pada zaman dahulu adalah 26 inci. Setelah itu, barulah muncul ban yang berukuran 29 inci yang menawarkan kemampuan melaju lebih cepat. Sayangnya ban ini membuat kita sulit berbelok sehingga lahirlah ban sepeda yang memiliki ukuran 27,5 inci. Kini ukuran ban sepeda yang paling anyar ialah 27,5 inci plus. Lantas apa saja sih keunggulan dan kelemahan dari masing-masing ban tersebut?

Sebagai penggemar sepeda, tentunya Anda sangat ingin tahu kan? Sekali lagi kami mengingatkan bahwa setiap ukuran ban memiliki tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, berbagai merek sepeda pun sengaja memasang ban dengan ukuran yang tidak sama pada sepeda buatannya. Hal ini tergantung tujuan awal penggunaan dari sepeda tersebut.

Kadang-kadang produsen sengaja melengkapi sepeda yang ukurannya besar dengan ban 29 inci. Sedangkan untuk sepeda yang memiliki dimensi lebih kecil dibekali dengan ban 27,5 inci. Namun tidak sedikit pula produsen sepeda yang memberikan keleluasan kepada pembelinya untuk memilih sendiri ukuran ban yang diinginkan.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang karakteristik dari ban yang berukuran 29 inci, 27.5 inci, serta 27.5 inci plus.

  • Ban 29 inci

Ukurannya yang besar membuat kayuhan ban 29 inci terasa lebih ringan dengan laju yang lebih cepat. Itulah kenapa, ban ini paling cocok digunakan untuk sepeda balapan atau sepeda mendaki. Anda yang memiliki sepeda XC (Cross Country) atau sepeda trail sebaiknya memasang ban ini pada kendaraan kayuh kesayangan Anda. Namun sayangnya, ukurannya yang besar tersebut pula yang mengakibatkan ban 29 inci susah dipakai untuk bermanuver.

  • Ban 27,5 inci

Anda yang merasa sangat agresif ketika mengendarai sepeda sebaiknya menanamkan ban ukuran 27,5 inci. Pasalnya ban yang satu ini enak sekali digunakan untuk melakukan manuver di jalur-jalur yang cukup sulit. Kita bisa dengan lebih mudah membelokkan arah laju sepeda sesuai keinginan. Kelebihan lainnya yaitu ban ini juga lebih kuat sehingga cocok banget disandingkan dengan travel yang lebih panjang. Ban 27,5 inci umumnya dipasang pada sepeda yang berjenis all mountain, down hill, dan enduro.

  • Ban 27,5 inci plus

Ukuran ban yang paling baru ialah ban 27,5 inci plus. Keunggulan utama yang dimiliki oleh ban ini yaitu kemampuannya yang hampir setara dengan ban 29 inci. Namun kehandalannya dalam melakukan manuver saat menghadapi medan yang sulit pun sangat bagus. Jadi bisa dibilang kalau ban 27,5 inci cocok digunakan untuk semua medan. Sepeda gunung keluaran terbaru biasanya dilengkapi dengan ban 27,5 inci.