Panduan Cara Pemasangan Singkat Bracket LCD TV yang Benar Nih!

Teknologi pesawat televisi kini sudah mencapai level yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan TV sewaktu pertama kali ditemukan. Salah satu inovasi yang dilakukan ialah membuat ukuran TV semakin ringkas dan semakin tipis. Kita bisa melihatnya dalam bentuk produk TV LED, di mana TV ini mempunyai bentangan yang lebar tetapi ketebalannya begitu tipis. Dengan spesifikasi seperti itu, kita bisa menonton acara televisi lebih nyaman tanpa harus menyesaki ruangan dengan perabotan yang besar.

Ukurannya yang begitu tipis memang membuat TV LED bisa diletakkan di mana saja. Anda bisa menaruh perangkat elektronik ini di atas meja, rak dinding, atau lemari khusus. Bahkan jika mau, Anda pun dapat menggantungkannya di dinding. Ya, kini Anda memang bisa memasang TV LED di tembok menggunakan bantuan alat khusus yang bernama bracket TV. Fungsi bracket TV ini yaitu memegangi televisi dengan kuat sehingga dipasang secara menggantung di dinding ruangan.

Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika menggunakan bracket TV antara lain :

  1. Dapat menghemat penggunaan ruang secara signifikan
  2. Tampilan ruangan menjadi terlihat lebih rapi
  3. Posisi televisi dapat diatur sesuka hati dengan lebih muda
  4. Aman dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan
  5. Menghadirkan kesan modern ke dalam ruangan

Kenyataannya adalah memasang bracket televisi LED ke dinding itu merupakan pekerjaan yang tidak terlalu susah kok. Kelihatannya saja kalau pekerjaan ini tampak rumit sekali. Namun jika sudah dilakukan sendiri, kami yakin Anda pun tak akan mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan produsen bracket TV memang sudah merancang produknya dengan baik supaya mudah digunakan. Satu-satunya pekerjaan yang membutuhkan keahlian yaitu Anda mesti mengebor dinding untuk membuat lubang.

Kalau tekad Anda untuk memasang bracket TV sendiri memang sudah bulat, maka kami akan mencoba memberikan panduan khusus untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kenali Bagian-bagian Bracket

Bagian-bagian bracket TV kurang lebih adalah seperti pada gambar di bawah ini. Bisa Anda lihat, bagian-bagiannya hanya terdiri dari piringan bracket sebagai tempat untuk memegangi televisi dan juga tiang bracket sebagai penyangganya. Biasanya produk bracket ini juga dilengkapi dengan peralatan tambahan untuk membantu Anda dalam memasangnya. Di antaranya yaitu waterpass untuk mengukur kerataan, mur dan baut sebagai pengikat, serta fischer yang bisa Anda tanamkan ke lubang bor di tembok.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Tentunya Anda tidak boleh memasang bracket TV di sembarang tempat. Selain harus memperhatikan TV itu sendiri, Anda juga perlu menimbang kekuatan dindingnya. Pilihlah sudut ruangan yang menjadi lokasi favorit Anda sekeluarga dalam menonton acara televisi. Pastikan Anda memilih ukuran ketinggian yang tepat sehingga kepala tetap terasa nyaman. Kemudian periksa kekuatan tembok. Khusus untuk dinding gypsum bisa Anda tambahi rangka kayu di belakangnya supaya lebih kuat menahan televisi nantinya.

Membuat Lubang di Dinding

Anda perlu menandai permukaan dinding terlebih dulu tepat pada posisi yang akan dibuat lubang. Anda bisa memakai meteran dan waterpass untuk membuat tanda yang pas, tak miring, dan tidak salah. Lalu siapkan mesin bor tangan dengan ukuran mata bor sesuai ukuran fischer yang dipakai. Buatlah 4 lubang di tembok sampai kedalamannya sesuai ukuran fischer. Lantas Anda bisa menanamkan fischer ke dalam masing-masing lubang tadi. Pastikan semua fischer tersebut sudah tertanam dengan kuat.

Pasang Bracket TV di Dinding

Kini waktunya untuk memasang bracket di tembok. Bagian yang pertama kali dipasang ialah piringnya. Setelah semua fischer sudah Anda masukkan ke lubang bor, selanjutnya pasanglah piringan bracket TV. Masukkan ring bautnya dahulu, lalu pasanglah bautnya ke dalam fischer. Kencangkan ikatan baut tadi memakai obeng sampai benar-benar kuat dan tidak goyah sedikit pun. Hal ini harus diperhatikan dengan baik supaya perangkat televisi Anda tetap aman dan tidak berisiko jatuh yang bisa membahayakan.

Pasang Televisi ke Bracket TV

Ini merupakan langkah yang terakhir yaitu memasang televisi ke bracket yang telah terpasang kuat pada tembok. Pada prinsipnya Anda hanya perlu mengaitkan produk televisi tersebut ke piringan bracket. Jadi di sini Anda perlu memasang tiang bracket terlebih dahulu di bagian belakang TV LED. Pasanglah tiang ini menggunakan sekrup yang sesuai dan pastikan posisinya sudah kuat sekali. Barulah kemudian Anda dapat menyangkutkan tiang bracket tadi ke bagian piringan bracket di tembok.