Mengenal Teknologi Cloud Computing dan Pentingnya Bagi Perusahaan Anda

Ada satu kisah menarik ketika salah seorang sahabat saya ingin membangun sebuah perusahaan digital miliknya. Terutama adalah mengenai media yang mesti dia gunakan untuk menyimpan data-data milik perusahaannya. Jadi karena kebetulan saya pribadi sehari-hari berkecimpung di dunia internet, makanya dia pun meminta rekomendasi dari saya tentang kebutuhan dasar perusahaan digitalnya tersebut. Tentu saja tanpa basa-basi saya pun langsung menyarankannya untuk menggunakan cloud computing.

Sederhananya sih, cloud computing (komputasi awan) adalah si pengirim layanan komputasi, termasuk di dalamnya server, media penyimpanan, database, jaringan, software, analisis, dan kecerdasan buatan, menuju ke awan (metafora dari internet) dengan tujuan untuk inovasi yang lebih cepat, resource yang  fleksibel, dan aspek ekonomi. Di sini Anda cuma perlu membayar layanan cloud yang telah dipakai saja sehingga membantu menghemat biaya operasional dan membangun infrastruktur yang lebih efisien.

Di bawah ini merupakan contoh apa-apa saja yang bisa kita lakukan dengan menggunakan layanan cloud computing pada masa sekarang, antara lain :

  • Memuat file audio dan video
  • Membuat aplikasi cloud-native
  • Mengetes dan membangun aplikasi
  • Mendistribusi software on demand
  • Melakukan analisis data
  • Menyematkan teknologi inteligensi

Jika Anda juga berniat untuk membangun perusahaan yang berbasis digital, maka saya pun pasti bakalan menyarankan Anda untuk menggunakan cloud computing daripada layanan yang lainnya. Mengapa? Hal ini disebabkan karena cloud computing merupakan layanan berteknologi tinggi yang dikembangkan dari IT resource tradisional sehingga memiliki banyak kelebihan yang sangat berguna bagi perusahaan digital Anda ke depannya. Inilah alasan utamanya kenapa saya selalu merekomendasikan cloud computing.

MANFAAT CLOUD COMPUTING

Lantas, apa sih benefit yang bisa kita dapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan layanan cloud computing ini? Berikut ini adalah 11 manfaat di antaranya yang bisa Anda petik!

Biaya

Kita bisa menghemat anggaran biaya perusahaan karena tidak perlu lagi membeli hardware ataupun software komputer. Begitu pula dengan tenaga pemeliharaannya pun tidak dibutuhkan lagi.

Keamanan

Data kita bisa disimpan dengan aman di penyedia cloud computing sehingga keamanannya pun benar-benar terjamin. Didukung oleh teknologi tinggi, kontrol yang ketat, dan aturannya.

Aksesibilitas

Penggunaan cloud computing memungkinkan kita untuk bisa mengakses dada kapan pun dan di mana saja kita berada asalkan terkoneksi internet sehingga dapat memudahkan kita.

Kecepatan

Kebanyakan cloud computing menyediakan layanan mandiri dan tepat waktu sehingga memberikan fleksibilitas dan kecepatan tinggi bagi perusahaan kita yang menggunakannya.

Skalabilitas

Cloud computing membuat kita bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan data tanpa harus membeli peralatan tambahan dengan menambah kapasitas yang telah disediakan penyedia layanan.

Jangkauan

Benefit lainnya saat kita memakai cloud computing yaitu jangkauannya. Selain itu tenaga, penyimpanan, dan bandwith yang digunakan pun otomatis menyesuaikan lokasi kita mengaksesnya.

Produktivitas

Pemakaian teknologi cloud computing juga membuat IT team perusahaan Anda bisa berfokus pada pengembangan aplikasi. Sama sekali tidak dibutuhkan pemeliharaan di sini.

Kreasi

Para user bisa melakukan pengembangan project lewat penyedia layanan cloud computing langsung tanpa harus mengirimkannya melalui perantara perusahaan terlebih dahulu.

Kecemasan

Cloud computing dapat mengatasi semua kecemasan terhadap data yang kita miliki. Misalnya saat terjadi musibah bencana alam, data kita tetap aman meskipun gawai kita rusak.

Kemampuan

Perusahaan cloud computing selalu melakukan upgrade perangkatnya ke versi terbaru yang berefek positif secara langsung terhadap kemampuannya.

Reliabilitas

Cloud computing secara berkala membuat data backup dan poin recovery berkelanjutan untuk kemudahan dan penghematan. Data bisa diakses dari titik mana saja di dalam jaringan provider.

MACAM-MACAM CLOUD COMPUTING

Kenyataannya memang cloud computing mempunyai bermacam-macam variasi. Tidak semua teknologi cloud itu sama, dan tidak semuanya cocok untuk Anda. Terdapat beberapa perbedaan model, tipe, dan layanan cloud yang telah dikembangkan untuk membantu Anda memilih mana yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Pertama-tama, tentu Anda mesti mempertimbangkan tipe dari cloud deployment atau cloud computing architecture yang akan diimplementasikan pada perusahaan digital Anda.

Terdapat tiga macam model pengembangan layanan cloud yaitu public cloud, private cloud, dan hybrid cloud.

Public Cloud

Public cloud adalah cloud yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga yaitu provider khusus, misalnya cloud provider Indonesia, yang memiliki layanan cloud yang mana menyebarluaskan resource komputasinya seperti server dan penyimpanan di internet. Saat memakai public cloud, maka semua hardware, software, serta infrastruktur pendukung lainnya dimiliki dan dikelola oleh cloud provider. Sedangkan Anda bisa mengakses layanan ini dan mengelola akun Anda melalui web browser.

Private Cloud

Private cloud merujuk pada resource teknologi cloud computing yang digunakan secara eksklusif oleh suatu bisnis ataupun organisasi. Secara kenyataan, keberadaan private cloud ini bisa diletakkan di datacenter milik perusahaan. Namun perusahaan pun dapat memakai layanan dari pihak ketiga untuk menaruh private cloud yang dimiliki. Private cloud ini juga termasuk ke dalam layanan dan infrastruktur bagian dari private network.

Hybrid Cloud

Hybrid cloud adalah kombinasi dari public cloud dan private cloud. Perpaduan ini menciptakan teknologi baru yang memungkinkan data dan aplikasi bisa di-share di antara keduanya. Dengan mengizinkan data dan aplikasi ini dapat berpindah di antara private cloud dan public cloud, hybrid cloud ini menawarkan fleksibilitas yang lebih baik pada bisnis kita, pengembangan yang lebih, aspek keamanan, dan membantu mengoptimalkan infrastruktur yang tersedia.

TIPE-TIPE LAYANAN CLOUD : IAAS, PAAS, DAN SAAS

Secara garis besar layanan cloud computing dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori antara lain infrastructure as a service (IaaS), platform as a service (PaaS), dan juga software as a service (SaaS). Mengenali ragam layanan cloud secara mendalam dan mengetahui perbedaannya membuatnya lebih mudah disesuaikan dengan tujuan bisnis perusahaan Anda. Bagaimanapun juga setiap tipe layanan cloud ini mempunyai karakteristik tersendiri, yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Infrastructure as a service (IaaS)

Layanan cloud computing yang menyediakan infrastruktur IT untuk membangun komputer virtual yang bisa diinstali sistem operasi dan aplikasi sehingga tidak diperlukan lagi komputer fisik.

Platform as a service (PaaS)

Layanan yang menyediakan cloud computing yang sudah berisi sistem operasi, database, web server, dan framework aplikasi sehingga pengguna bisa langsung memakainya dan fokus pada pekerjaan.

Software as a service (SaaS)

Layanan cloud computing yang telah berisi aplikasi yang siap untuk digunakan dan pengguna dapat memakainya secara langsung menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, cloud computing menawarkan solusi yang efektif dan efisien terhadap kebutuhan dasar setiap perusahaan digital. Apa pentingnya? Perusahaan Anda akan mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan oleh teknologi cloud computing ini. Mulai dari penghematan biaya, jaminan keamanan data, sampai aksesibilitas yang lebih mudah.

Jadi sekali lagi kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan cloud computing yang notabene merupakan teknologi terbaru, serta meninggalkan teknologi-teknologi lama lainnya. Keberadaan cloud computing ini benar-benar telah mengubah sistem kerja teknologi digital menjadi lebih baik dibandingkan era sebelumnya. Anda tak boleh kelewatan merasakannya.