Souvenir Perak Khas Jogja Ada di Kotagede, Borong yang Banyak Yuks!

Apa souvenir yang khas dari Yogyakarta? Jawabannya ada banyak sekali. Salah satu souvenir yang paling menarik wisatawan yang berkunjung ke sini adalah kerajinan perak. Tahukah Anda, sentra kerajinan perak di Jogja terletak di Kotagede. Ini merupakan kecamatan yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. Kecamatan Kotagede berbatasan langsung dengan Kecamatan Umbulharjo dan Kecamatan Bantul di sebelah utara. Silakan gunakan Google Map untuk mengarahkan Anda menuju ke daerah ini.

Kotagede menjadi daerah pusat kerajinan perak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sejak zaman kerajaan. Para pengrajin perak di sini merupakan turun-temurun, di mana leluhurnya dulu juga berprofesi sebagai pengrajin perak. Menempa, mengukir, dan membentuk perak menjadi kerajinan merupakan aktivitas harian masyarakat setempat. Jadi tidak mengherankan kalau kualitas souvenir perak di Kotagede termasuk salah satu yang terbaik di dunia.

Daerah Kotagede sendiri merupakan area pinggiran dari Kota Yogyakarta. Tetapi geliat usaha di sini ramai sekali. Pemandangan khas kota dengan daerah yang padat penduduk, jalan-jalan sempit, dan orang-orang yang ramai berlalu-lalang mendominasi kondisi di sini. Tidak lain keramaian ini disebabkan oleh aktivitas jual beli kerajinan perak yang sangat menggeliat di sini. Banyak sekali toko-toko dan pedagang kaki lama yang menawarkan produk ini.

Sebagian besar penduduk asli Kotagede memang berprofesi sebagai pelaku usaha kerajinan perak. Kalau tidak pengrajin perak, mereka pasti penjual kerajinan perak. Hal ini dikarenakan tingkat ketertarikan pasar akan kerajinan perak khas Kotagede memang begitu besar. Bukan kerajinan abal-abal, kerajinan perak di Kotagede adalah kerajinan perak murni yang membuat Anda dapat merasakan keindahan asli dari material perak.

Kerajinan perak khas dari Kotagede mempunyai ciri-ciri yaitu perpaduan antara warna hitam dan putih yang kontras. Seni yang menjadi identitasnya adalah seni relief yang memang sudah sangat melegenda. Kerajinan relief dari perak buatan pengrajin Kotagede begitu apik dan indah sekali. Tak hanya soal estetika, seni tersebut juga sarat akan makna. Aksesori seperti gelang, bros, kalung, cincin, dan anting-anting juga mudah dijumpai di sini.

Bagi Anda yang sedang berencana menggunakan souvenir berupa kerajinan perak untuk suatu acara, kami sangat merekomendasikan tempat ini kepada Anda. Kotagede merupakan surga kerajinan perak. Ada begitu banyak pilihan kerajinan-kerajinan dari perak yang bisa Anda temui di sini. Pilihan yang beragam membuat Anda lebih leluasa dalam memilihnya. Sedikit bocoran kalau kerajinan perak di sini dibanderol dengan harga yang miring. Maklum karena di sini adalah pusat pembuatan kerajinan perak.