Cara Melepas Kura-kura ke Habitat Alaminya, Kembalikan ke Alam Yuk

Sebaik-baiknya tempat tinggal bagi kura-kura adalah habitat alaminya. Walaupun Anda sudah memberi perawatan yang baik serta makanan lezat tiada henti kepada kura-kura tersebut, namun tetap saja dia bakalan hidup lebih bahagia saat tinggal di tempat aslinya. Kura-kura akan merasa bebas, tak terkekang, dan hidup sebagaimana kodratnya. Sedangkan bagi penghobi, mampu merilis kura-kura ke habitat alami merupakan puncak dari hobi itu sendiri. Ada rasa puas setelah kita bisa mengeluarkan dia dari penjara.

Termasuk kami pribadi sebenarnya telah beberapa kali melakukan pelepasan kura-kura ke alam liar. Tapi kegiatan tersebut memang sengaja tidak didokumentasikan untuk mencegah perburuan kura-kura oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Dalam merilis kura-kura ke habitat alaminya, Anda tak boleh asal-asalan melakukannya. Anda tidak bisa serta-merta melepaskan seekor kura-kura ke suatu tempat tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin kura-kura yang dilepaskan.

Ada sejumlah faktor yang perlu Anda perhatikan dengan cermat sebelum melepaskan kura-kura ke alam liar, di antaranya :

  1. Anda harus mengetahui nama spesies kura-kura tersebut
  2. Cari tahulah kura-kura itu termasuk turtle atau tortoise
  3. Pelajari sifat dan karakteristik kura-kura yang mau dilepas
  4. Pastikan tempat pelepasannya sudah sesuai habitatnya
  5. Harus kura-kura asli Indonesia kalau pelepasannya di sini
  6. Kondisi kura-kura harus dalam keadaan benar-benar sehat
  7. Tersedia makanan yang cukup bagi kura-kura saat di sana
  8. Anda harus memantau kondisi kura-kura setelah dilepaskan

Khususnya bagi Anda yang memang sudah memiliki niat untuk melepas kura-kura ke habitat alaminya, kami akan memberikan panduan sehingga Anda bisa merilis kura-kura tersebut dengan baik dan kura-kura yang dilepaskan pun terjamin keselamatannya.

Pelajari Segala Sesuatu Tentang Kura-kura Tersebut

Anda bisa memulainya dengan mengetahui nama spesies dari kura-kura tersebut serta menentukan apa dia termasuk kura-kura air atau kura-kura darat. Kebanyakan kura-kura yang dipelihara adalah kura-kura brazil dan kura-kura ambon. Ada pula yang memelihara kura-kura dada merah serta labi-labi pelodiscus. Barulah kemudian disusul oleh jenis kura-kura lainnya. Silakan Anda bisa mencari tahu nama spesies dari kura-kura yang Anda pelihara. Lantas Anda mesti mempelajari pengetahuan tentang kura-kura tadi.

Pastikan Itu Merupakan Kura-kura Asli Indonesia Ya

Ingatlah dengan baik aturan dasar ini. Syarat utama kura-kura yang boleh dilepaskan di Indonesia yaitu kura-kura tersebut harus merupakan kura-kura asli Indonesia. Habitat alami kura-kura tersebut memang berada di sini kalau Anda ingin melepaskannya di sini. Jangan pernah melepaskan kura-kura yang berasal dari luar negeri di Indonesia dengan alasan apa pun. Karena hal ini justru bisa membahayakan ekosistem hayati. Jadi Anda tidak boleh merilis kura-kura brazil atau labi-labi pelodiscus di sini ya.

Carilah Lokasi yang Paling Tepat Bagi Kura-kura Tadi

Kura-kura tak boleh dilepaskan di sembarang tempat. Misalnya Anda ingin melepaskan kura-kura ambon di sungai dekat rumah yang berada di lingkungan padat penduduk, maka rencana ini tidak boleh Anda lakukan ya. Anda harus mencari tempat yang paling tepat untuk melepaskan kura-kura tadi. Oleh karena itu penelitian awal penting sekali dilakukan di sini. Idealnya sih kura-kura dilepaskan di pedalaman hutan rimba yang masih asri dan dipastikan tersedia makanan yang cukup baginya saat tinggal di sana.

Siapkan Kura-kura yang Mau Dilepaskan dengan Baik

Niat baik harus dilaksanakan dengan cara yang tepat supaya hasilnya pun sesuai dengan keinginan. Jadi Anda mesti melakukan persiapan dengan matang terlebih dulu sebelum benar-benar mewujudkan niat mulia Anda tersebut. Anda tidak boleh langsung melepaskan kura-kura di sungai, danau, atau rawa-rawa begitu saja ya. Persiapan jauh-jauh hari sangat penting, terutama memastikan kura-kura Anda telah siap untuk tinggal di habitat alami tanpa tergantung oleh manusia. Anda harus melatihnya dengan baik.

Pantaulah Kondisi Kura-kura Tersebut Secara Berkala

Kura-kura yang sudah Anda lepaskan ke habitat alaminya tidak boleh Anda tinggalkan begitu saja. Anda harus menemaninya sejenak selama 3-5 jam sambil memantau kondisinya saat di alam untuk menjamin keselamatannya. Umumnya kura-kura yang sudah terbiasa hidup di dekat manusia tidak mau tinggal di alam liar. Dia akan tetap berdiri diam atau malah mendekati Anda. Namun Anda tetap harus mendorong agar kura-kura tadi mau kembali ke alam. Nantinya Anda juga harus sering berkunjung ke tempat tadi. Walau Anda tidak bisa melihat si kura-kura tadi, mungkin dia lah yang melihat Anda.