Cara Mengatasi Kura-kura yang Berkelahi Satu Sama Lain Supaya Akur

Tren memelihara kura-kura di Indonesia kini semakin meningkat, khususnya di daerah perkotaan. Salah satu indikatornya dapat dilihat dari mulai banyaknya toko binatang peliharaan yang menjual kura-kura. Anda juga mungkin sudah memiliki kura-kura piaraan sendiri? Kalau benar, maka Anda harus merawat si kura-kura tersebut dengan sebaik-baiknya. Biasanya kura-kura tidak dipelihara sendirian saja, melainkan ada kura-kura lain sebagai temannya. Semakin ramai, maka bakalan semakin alami.

Namun saat mencampurkan beberapa ekor kura-kura ke dalam wadah yang sama, Anda harus waspada terhadap kondisinya ya. Sebab ada kemungkinan bagi kura-kura ini untuk saling berkelahi satu sama lain. Meskipun di habitat alami beberapa jenis kura-kura terbiasa hidup secara berkelompok, tapi ada kondisi tertentu yang membuatnya merasa tidak nyaman ketika dipaksa harus tinggal dengan kura-kura lain di tempat yang sama. Tapi Anda tak perlu khawatir sebab masalah ini sebenarnya bisa diatasi kok.

Sebelumnya Anda harus mengetahui dahulu faktor-faktor yang menyebabkan kura-kura yang disatukan di dalam kandang malah berkelahi antara satu dengan lainnya, di antaranya yaitu :

  1. Ukuran kandang yang terlalu sempit
  2. Karakteristik kura-kura yang berlainan
  3. Jenis kelamin kura-kura yang sama
  4. Perbedaan ukuran postur kura-kura
  5. Kura-kura kekurangan makanan
  6. Kondisi kandang yang tidak nyaman
  7. Ada kura-kura yang terlalu agresif
  8. Kura-kura hendak melakukan kawin

Jika Anda melihat ada perkelahian antar kura-kura yang terjadi di dalam kandang, Anda jangan langsung merasa panik. Anda harus tetap tenang untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan Anda bisa mengikuti panduan dan saran dari kami di bawah ini!

Segera Pisahkan Kura-kura Tersebut

Kalau Anda melihat ada kura-kura yang sedang berkelahi, Anda tidak boleh membiarkannya saja. Anda harus mengambil langkah sigap untuk segera memisahkan keduanya. Perkelahian antar kura-kura dapat menimbulkan dampak yang serius loh. Tidak hanya sebatas luka-luka saja, tetapi ada kemungkinan pula kura-kura tersebut bisa mengalami cacat permanen. Bahkan perkelahian antara kura-kura tipe predator juga bisa menyebabkan salah satunya mengalami kematian. Jadi Anda tak boleh mendiamkannya.

Cek Kondisinya Secara Menyeluruh

Setelah Anda memisahkan kura-kura, selanjutnya cobalah untuk memeriksa kondisi kura-kura ini secara menyeluruh. Lakukan pengecekan untuk mengetahui ada tidaknya luka pada tubuhnya. Jangan bingung untuk mengobati luka tersebut ya. Anda juga bisa menggunakan obat merah yang biasa kita pakai untuk mengobati luka kok. Silakan Anda cuci bersih kura-kura tersebut dahulu. Kemudian berikan obat merah di bagian-bagian tubuhnya yang mengalami luka. Sementara waktu letakkan di daratan dahulu ya.

Pisahkan Sementara Waktu Dahulu

Kura-kura yang berkelahi menandakan kalau keduanya belum bisa akur. Mungkin ada masalah di antara kura-kura tersebut atau keduanya saling menantang satu sama lain. Jadi Anda tidak boleh memaksakan mereka berdua untuk bertemu lagi. Saran kami adalah Anda sebaiknya memisahkan kedua kura-kura ini terlebih dahulu di tempat yang berbeda. Biarkan keduanya berpisah selama 3-5 hari di tempat tersendiri sebagai bentuk hukuman juga. Namun Anda tetap harus merawatnya dengan baik.

Cobalah Pertemukan Lagi di Daratan

Jika Anda ingin mempertemukan lagi kura-kura yang sebelumnya berkelahi tersebut, direkomendasikan untuk melakukannya di daratan. Mengapa? Sebab kura-kura cenderung tidak terlalu agresif saat berada di daratan. Area daratan yang kita pakai untuk mempertemukan kura-kura ini mesti cukup luas dan tidak tertutup ya. Silakan Anda letakkan kura-kura yang tampaknya lebih agresif dahulu. Disusul kemudian si kura-kura lainnya. Biarkan mereka berdua saling berjumpa dan bertatap-tatapan sambil diawasi.

Gabungkan Lagi Sambil Diawasi Ya!

Setelah kedua kura-kura dirasa sudah terlihat tenang, kini Anda bisa mulai lagi menyatukan keduanya di kandang yang sama. Silakan Anda masukkan kura-kura yang lebih aktif dahulu dan disusul oleh kura-kura lainnya. Pantau sebentar reaksi kedua kura-kura tersebut setelah berada di kandang yang sama. Lantas kami rekomendasikan untuk memberikannya makanan yang lezat ke kura-kura tersebut sebagai bentuk hadiah karena keduanya sudah mau akur dan bergabung lagi.