Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Kura-kura Dibandingkan Lainnya

Apakah Anda sedang mencari binatang peliharaan yang unik dan lain daripada biasanya? Jika iya, kami akan mencoba merekomendasikan kura-kura untuk Anda. Kenyataannya memang sekarang kura-kura mulai banyak dipelihara sebagai hewan timangan. Bukan tanpa alasan mengapa kura-kura ini begitu disukai. Faktor penarik utamanya adalah kura-kura mempunyai penampilan yang menarik berkat dari tempurung yang melindungi sekujur bagian badannya.

Dengan keunikan yang dimilikinya inilah sehingga wajar apabila kini orang mulai berlomba-lomba untuk memelihara kura-kura. Apalagi setiap jenis kura-kura ternyata mempunyai tempurung yang sangat khas dan berbeda dari jenis yang lainnya. Bukan cuma dari segi warnanya saja, tetapi corak/motif tempurung tersebut juga bermacam-macam. Tapi sayangnya di tengah-tengah antusiasme masyarakat memelihara kura-kura, beredar mitos kalau kura-kura kurang baik dijadikan sebagai hewan piaraan.

Jadi kali ini kami akan mencoba bersikap netral untuk menimbang baik buruknya memelihara kura-kura di rumah. Anda harus tahu kelebihan serta kekurangan merawat binatang bertempurung ini. Sehingga kami harapkan nantinya Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dengan bulat.

Kelebihan Memelihara Kura-kura

Di bawah ini merupakan kelebihan-kelebihan dari memelihara kura-kura, antara lain :

  1. Masih Jarang yang Memelihara

Walaupun ada beragam jenis kura-kura asli Indonesia, namun nyatanya jarang sekali masyarakat yang memelihara hewan ini. Pada umumnya pemburu kura-kura sekadar memanfaatkan daging dan kandungan minyaknya saja. Barulah setelah sejumlah selebriti memamerkan kura-kura yang dipeliharanya, kura-kura menjadi hewan piaraan yang populer. Karena masih jarang sekali orang yang memeliharanya, maka pesona kura-kura ini terlihat jauh lebih unik.

  1. Porsi Makanannya Tidak Banyak

Saat memelihara kura-kura, Anda juga tidak akan mengalami tekor dalam hal pengadaan pakan. Karena memang sudah sifat alaminya bahwa kura-kura ini makanannya tidak terlalu banyak. Dia bahkan juga melakukan puasa secara berkala untuk menjaga kesehatannya loh. Apalagi khusus kura-kura darat yang notabene cukup diberikan sayur-sayuran saja untuk makanannya. Dengan demikian Anda pun tidak akan mengalami kesulitan dalam pemberian makanan kura-kura.

  1. Tidak Memerlukan Tempat Luas

Memang sudah kodratnya jika kura-kura itu mempunyai pergerakan yang lambat. Kura-kura ini juga tidak suka berjalan hilir mudik layaknya kucing, anjing, atau kelinci. Dia lebih suka berdiam diri dan bergerak seperlunya saja. Sehingga luas kandang yang dibutuhkannya pun sebenarnya tidak terlalu besar. Anda cukup memberikannya tempat yang memungkinkannya dapat bergerak dengan bebas, minimal adalah tiga kali lipat daripada panjang dan lebar postur tubuhnya.

  1. Dapat Diajari Latihan Sederhana

Meskipun tingkat kecerdasan kura-kura itu tak sepintar monyet, anjing, atau lumba-lumba, tapi kita masih dapat mengajarinya beberapa teknik latihan yang sederhana loh. Ya, mungkin masih jarang penghobi kura-kura yang mengetahuinya. Asal tahu saja nih bahwa kura-kura bisa dilatih supaya mau menghampiri kita pada saat dipanggil namanya, memakan pakan dari tangan kita, membuntuti kita dari belakang, ataupun masuk ke kandangnya sendiri ketika sudah sore.

  1. Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan

Hobi yang baik adalah hobi yang bisa menghasilkan keuntungan bagi kita. Tidak cuma kita akan merasa senang saat melakoninya, tetapi hobi tersebut juga bisa memberikan pendapatan yang nyata. Hobi memelihara kura-kura memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan jadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi kondisi pasar saat ini begitu berminat terhadap kura-kura. Harganya juga terbilang cukup tinggi dibandingkan hewan peliharaan lainnya loh.

Kekurangan Memelihara Kura-kura

Sayangnya memelihara kura-kura juga mempunyai banyak kekurangan di antaranya :

  1. Harga Terbilang Cukup Mahal

Mahalnya harga kura-kura menimbulkan sikap yang berbeda antara peternak dan pembeli. Bagi peternak sendiri, harga kura-kura yang cukup tinggi tentunya merupakan sebuah kabar bagus. Tetapi bagi para pembeli yang ingin mendapatkannya harus berpikir ulang untuk membeli kura-kura, bahkan untuk ukuran yang masih bayi sekali pun. Dengan harga beli yang mahal ini, Anda harus mempertimbangkan secara matang keputusan untuk membeli kura-kura tersebut.

  1. Perawatannya Lumayan Susah

Dikenal sebagai binatang yang jarang dipelihara oleh manusia, faktanya memang belum banyak panduan untuk memelihara binatang kura-kura ini. Itu sebabnya kami berinisiatif untuk berbagi pengalaman pribadi agar Anda bisa merawatnya dengan lebih mudah. Kami beritahukan dengan jujur bahwa kura-kura sebenarnya merupakan hewan yang cukup sulit dipelihara. Apalagi untuk jenis kura-kura impor dari luar negeri, di mana dia membutuhkan perawatan secara khusus.

  1. Termasuk Hewan Mudah Stres

Kami selalu mewanti-wanti Anda untuk menyediakan kandangnya terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memelihara kura-kura. Tujuannya tidak lain agar tersedia tempat tinggal yang tepat bagi kura-kura tersebut nantinya sehingga dia bakal terhindar dari stres dan sakit. Kenyataannya ialah kura-kura tergolong binatang yang cukup mudah stres. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang, kura-kura rawan sekali terkena penyakit jika tidak dirawat dengan baik.

  1. Membutuhkan Alat Pendukung

Ketika Anda memutuskan untuk membeli kura-kura, maka Anda pun harus berkomitmen tinggi untuk menyediakan tempat tinggal yang baik kepadanya. Anda dapat menyesuaikan tempat ini dengan jenis kura-kura tersebut. Bagaimanapun juga terdapat beraneka jenis kura-kura di dunia ini yang masing-masing tinggal di habitat yang berbeda. Nah, guna menciptakan lingkungan yang sesuai, Anda harus menyediakan peralatan pendukung seperti lampu UV dan higrometer.

  1. Harus Rajin Membersihkannya

Sayangnya kura-kura tidak bisa dilatih untuk membuang kotorannya di tempat yang sudah Anda sediakan. Biasanya hewan ini akan melakukan aktivitas BAB tersebut di sembarang tempat yang dia mau. Oleh sebab itu, Anda sebagai pemiliknya harus rajin menjaga kebersihan kura-kura dan kandangnya agar tidak menjadi sumber penyakit. Anda juga perlu memandikan kura-kura secara berkala sehingga kebersihannya benar-benar dapat terjaga dengan baik.