Perbedaan Kura-kura Brazil dan Kura-kura Ambon, Mudah Dipahami!

Memang ada bermacam-macam kura-kura yang kini dijadikan sebagai binatang peliharaan. Namun dari berbagai jenis tersebut, setidaknya terdapat dua spesies kura-kura yang paling banyak dipelihara yaitu kura-kura brazil dan kura-kura ambon. Bagi Anda yang sudah terbiasa berjibaku dengan kura-kura tentu bakalan sangat mudah untuk membedakan kedua jenis kura-kura ini. Sebab memang perbedaan antara keduanya jelas kentara sekali. Namun bagi orang awam kenyataannya tidak semudah itu loh.

Para penghobi kura-kura pemula biasanya masih merasa kebingungan untuk membedakan antara kura-kura yang satu dengan lainnya. Hal ini wajar terjadi mengingat ada banyak sekali ragam jenis kura-kura di dunia ini. Semuanya terlihat mirip satu sama lain dengan tempurung khas yang ada di punggungnya. Tapi apabila diamati lebih teliti lagi, Anda bakalan menyadari kalau setiap jenis kura-kura itu mempunyai tempurung yang unik. Tempurungnya berbeda antara satu dengan kura-kura yang lainnya.

Gambar Kura-kura Brazil

Gambar Kura-kura Ambon

Khususnya bagi Anda yang masih pemula nih, kami akan mencoba menjelaskan mengenai perbedaan antara kura-kura brazil dan kura-kura ambon secara jelas menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Warna Tempurung

Faktor pembeda pertama yang paling jelas terlihat antara kura-kura brazil dan kura-kura ambon adalah warna tempurungnya. Apalagi kalau ukurannya masih bayi, perbedaan tempurung kedua jenis kura-kura ini sungguh kentara sekali. Kura-kura brazil mempunyai tempurung yang berwarna hijau sehingga kerap disebut sebagai kura-kura hijau. Sedangkan tempurung kura-kura ambon berwarna hitam legam. Selain itu, penampilan tempurung kura-kura ambon ini juga tampak polos dan tidak bercorak.

Bentuk Tempurung

Sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa ada dua spesies kura-kura yang termasuk dalam jenis kura-kura ambon yaitu kura-kura ambon batok dan kura-kura ambon ceper. Kura-kura ambon batok memiliki tempurung yang bentuknya kubah (dome) dan tinggi. Sementara bentuk tempurung kura-kura ambon ceper yaitu cenderung datar/ceper. Hal ini terlihat mirip seperti tempurung kura-kura brazil yang punya tempurung berbentuk ceper alias mendatar pula.

Penampilan Kepala

Kalau diperhatikan dengan baik, penampilan kepala kura-kura brazil dan kura-kura ambon juga berbeda loh. Kura-kura brazil mempunyai kepala yang berwarna hijau dengan garis-garis putih serta garis khusus berwarna merah di bagian telinganya. Itulah kenapa kura-kura ini juga disebut red-eared slider turle. Garis merah di telinga inilah yang menjadi pertanda khusus dari kura-kura brazil. Berbeda dengan kura-kura ambon yang mempunyai kepala berwarna hitam dengan warna kuning di sisi sampingnya.

Asal Muasalnya

Perbedaan antara kura-kura ambon dan kura-kura brazil yang selanjutnya terletak pada asal usul kedua jenis kura-kura ini. Sebenarnya sih mudah sekali untuk mengetahui asal-muasal kedua spesies kura-kura tersebut karena sudah terpampang jelas pada namanya. Ya, kura-kura ambon merupakan kura-kura asli Maluku dan Sulawesi. Sedangkan untuk kura-kura brazil memang berasal dari Negeri Brasil. Kura-kura ini sendiri kini sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia dengan populasi terbanyak.

Sifat & Karakteristik

Walaupun sama-sama kura-kura, tetapi sifat atau karakteristik dasar kura-kura brazl tidak sama dengan kura-kura ambon. Kura-kura brazil sendiri tergolong sebagai kura-kura yang sangat lincah. Kura-kura ini bukanlah tipe binatang pemalu yang selalu bersembunyi di tempurungnya. Justru kura-kura brazil ini suka bergerak kian-kemari. Namun berbeda dengan si kura-kura ambon yang memang merupakan tipe kura-kura pemalu. Anda bahkan akan sulit menyentuh kepalanya karena dia sering bersembunyi di balik tempurungnya.