Apa Perbedaan Barista dan Bartender? Yuk, Kita Cari Tahu Bersama!

Anda mungkin saat ini berencana menjadi seorang barista? Tapi tahukah Anda, sebenarnya apa sih barista itu? Apa pula bedanya dengan bartender? Sepintas antara barista dan bartender kelihatan seperti sebuah profesi yang sama karena tugas mereka adalah menyiapkan minuman kepada pelanggan. Tetapi barista bukanlah bartender, serta bartender pun tidak bisa disebut sebagai barista. Keduanya mempunyai pekerjaan pokok yang berbeda satu sama lain.

Kita bisa bertemu dengan seorang barista di coffee shop termasuk kafe dan restoran. Barista selalu berhubungan dengan kopi. Kopi merupakan bahan dasar yang untuk membuat minuman racikannya. Lain lagi dengan profesi seorang bartender. Anda bisa menemukan bartender di semua tempat makan atau minum yang memiliki bar. Tugas utama bartender adalah meracik minuman yang mengandung alkohol. Dari sini kita bisa tahu kalau barista dan bartender sama-sama memiliki pekerjaan untuk membuat minuman kepada pelanggan.

Barista

Barista ialah seseorang yang bekerja untuk membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan yang berkunjung ke coffee shop. Kata barista berasal dari bahasa italia yang artinya pelayan bar. Yang membedakan barista dari profesi peracik minuman lainnya adalah mereka selalu menggunakan kopi sebagai bahan dasar. Barista mampu memanfaatkan kopi dengan baik untuk diolah menjadi berbagai minuman yang memiliki banyak variasi rasa, warna, dan tekstur.

Akan tetapi, tidak semua orang pembuat minuman kopi layak diberi gelar barista. Seorang barista harus sudah mahir dan profesional terutama dalam membuat espresso. Barista juga dituntut untuk menguasai keahlian dalam meramu minuman-minuman kopi yang menggunakan berbagai bahan dengan rasio yang tepat seperti latte dan cappuccino. Belakangan ini, seorang barista tidak ubahnya sebagai seorang seniman minuman kopi.

Bartender

Bartender ialah seseorang yang bekerja meracik minuman beralkohol untuk kemudian disajikan kepada para pengunjung konter bar. Tenaga seorang bartender umumnya dibutuhkan oleh tempat-tempat minum seperti kelab malam, pub, diskotek, dan tavern. Mereka sudah mengetahui berbagai macam minuman yang mengandung alkohol dengan baik. Mereka pun sudah menguasai bagaimana menyajikan anggur, koktail, likeur, dan bir. Bahkan kini seorang bartender dituntut untuk bisa menyiapkan minuman koktail klasik seperti mojito, cosmopolitan, old fashioned, manhattan, dan lain-lain.

Seorang bartender yang baik sanggup memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Termasuk menolak untuk menyajikan minuman beralkohol ke pengunjung yang belum cukup umur secara hukum. Mereka juga harus mampu menjaga pelanggan bar tidak terlampau mabuk dan menolak menyuguhkan minuman alkohol dalam jumlah yang berlebihan. Baik barista maupun bartender umumnya hanya bertugas membuat minuman. Sedangkan yang bertugas mengantarkan minuman kepada pelanggan adalah waitress. Namun di beberapa tempat ada juga bartender/barista yang menyajikan minuman buatannya langsung ke pelanggan.