Cara Memasak Kerang yang Benar, Dijamin Seenak Masakan Restoran Deh

Siapa di sini pencinta seafood hayo ngaku? Memang sih seafood mempunyai cita rasa tersendiri yang tak akan kita dapatkan dari bahan makanan yang lainnya. Apalagi jenis seafood juga ada banyak sekali. Salah satunya yang menjadi kegemaran banyak orang ialah kerang. Sebut saja mulai kerang dara, kerang hijau, kerang kapak, kerang batik, sampai kerang simping dan masih banyak lagi. Memang kerang mempunyai daging yang rasanya sangat gurih dan juga lezat. Siapa pun pasti menyukainya.

Kenyataannya adalah memasak kerang membutuhkan trik khusus. Biasanya orang sering mengalami kesulitan untuk membuka cangkangnya. Nah, di sini Anda perlu trik agar cangkang kerang dapat terbuka sendiri ketika kita memasaknya. Kemudian trik selanjutnya dibutuhkan untuk membuat masakan kerang tidak terlalu amis, terutama pada air kaldunya. Anda harus menyadari bahwa mayoritas orang tak begitu suka terhadap kaldu kerang yang menurutnya terlalu amis. Jadi Anda mesti waspada.

Terutama bagi Anda yang memang ingin mencoba memasak kerang sendiri, kami akan coba beritahukan rahasianya supaya hidangan Anda memiliki rasa yang lebih lezat dan seenak masakan restoran!

Pilih Kerang yang Masih Hidup

Khusus untuk kerang, sekadar segar saja menurut kami sih tidak cukup. Kita harus menggunakan kerang yang masih hidup supaya masakannya bisa terasa nikmat. Jika kita memasak kerang yang masih hidup, dagingnya akan terasa lebih gurih, manis alami, dan teksturnya kenyal. Beda dengan kerang segar yang terasa lebih alot dan gurihnya sudah berkurang. Lain lagi kalau memakai kerang sudah tidak segar, kami jamin masakan Anda tak bisa dimakan. Adapun tanda kerang yang masih hidup yaitu badannya kadang-kadang akan keluar dari badannya untuk menggerakkan diri.

Cuci Bersih dan Rendam di Air

Sebelum Anda memasak kerang, Anda wajib mencucinya terlebih dahulu di bawah air yang mengalir sampai bersih. Tentunya kalau Anda ingin memasak kerang tersebut beserta cangkangnya, maka wajib hukumnya untuk menyikati permukaan setiap kerang satu demi satu sampai bersih ya. Khusus untuk kerang yang ukurannya besar, jangan lupa membuang jeroannya ya. Setelah itu bisa Anda bilas. Sekadar tips tambahan dari kami, Anda perlu merendam kerang di air bersih dan garam selama 10-15 menit sebelum dimasak supaya hasilnya benar-benar bersih.

Rebus di Air yang Mendidih

Alasan utama seseorang tidak suka makan kerang ialah susah membuka cangkangnya dan merepotkan. Kami mempunyai trik khusus buat Anda supaya kerang yang tengah Anda masak bisa terbuka sendiri cangkangnya. Adapun triknya yaitu Anda harus memasukkannya di air yang sangat mendidih, jangan memasukkannya langsung sejak dari awal. Jadi silakan Anda rebus dahulu air di dalam panci. Setelah air rebusan tersebut mendidih, langsung masukkan kerang ke dalam panci. Kerang yang kaget pun akan membuka cangkangnya. Rebus selama 2-3 menit dihitung sejak cangkangnya terbuka.

Buang Air Rebusan Pertama

Sebaiknya kerang direbus dahulu sebelum benar-benar dimasak. Tujuan perebusan pertama ini adalah membuka cangkang kerang tersebut sekaligus membuang amisnya. Bagi Anda yang suka makanan yang berbau tajam mungkin tidak ada masalah dengan aroma khas kerang ini, malah terasa lezat dan begitu menggugah selera. Namun Anda harus menyadari kalau mayoritas orang tidak suka dengan aroma kuat dari kerang. Silakan Anda rebus kerang dahulu sebelum dimasak, lalu tiriskan dari air rebusannya. Lalu segera rendam di air dingin untuk menghentikan panasnya supaya kerang tadi tidak kematangan.

Masak dengan Cangkangnya

Percaya deh memasak kerang itu harus dengan cangkangnya. Memang sih kita tidak bisa memakan cangkang tersebut. Cuma kalau kita memasak kerang beserta cangkangnya, maka rasa yang tercipta pun bakalan lebih sedap. Begitu pula dengan penampilan masakan juga lebih terlihat menggoda karena ada cangkang kerang yang menarik tadi. Sebaliknya, kerang yang dimasak tanpa cangkang sering kali terlalu matang sehingga teksturnya menjadi lebih alot. Jadi setelah kerang ditiriskan, Anda bisa langsung memasaknya dengan saus khusus tanpa harus repot memisahkannya satu per satu dengan cangkang.