Ini 3 Penyebab Utama Mengapa Rantai Sepeda Anda Sering Terlepas

Berkendara menggunakan sepeda memang terasa sangat menyenangkan. Selain kita bisa jalan-jalan dan menikmati indahnya pemandangan secara gratis, bersepeda juga membuat tubuh kita selalu sehat. Khususnya otot-otot yang ada di kaki kita akan terus terlatih sehingga posturnya pun ideal. Yap, kita akan merasakan banyak manfaat di saat yang bersamaan!

Tetapi sepeda bukanlah kendaraan yang sempurna dan bebas masalah. Sepeda bisa mengalami kerusakan sewaktu-waktu tanpa pernah kita duga sebelumnya. Salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah lepasnya rantai sepeda tersebut dari gear. Biasanya kejadian ini akan terus berlanjut di sepanjang perjalanan. Akibatnya kita pun harus memasang kembali rantai sepeda ke posisinya secara berulang-ulang. Tentu saja hal ini sangatlah merepotkan!

Pada dasarnya, ada tiga penyebab utama kenapa rantai sepeda terus-menerus copot. Apa sajakah itu?

Kondisi Rantai/Gear Kering

Anda harus rutin mengecek kondisi seluruh komponen sepeda kesayangan Anda, termasuk bagian rantainya. Pastikan permukaan rantai tersebut basah karena terlumuri oleh pelumas. Dengan demikian rantai dapat berputar atau bergerak sempurna di mata gear sepeda. Sebaliknya kalau rantai atau gear sepeda Anda kering, perputarannya menjadi tidak lancar. Ada suatu ketika timbul perputaran yang tersendat hingga mengakibatkan rantai terlepas dari posisinya.

Mata Gear yang Tajam

Jika Anda perhatikan dengan seksama, mata gear pada sepeda baru mempunyai sudut yang tumpul. Mata gear tersebut juga berukuran cukup lebar. Namun seiring dengan penggunaannya, lama-kelamaan ujung mata gear akan membentuk sudut yang tajam karena terus terkikis oleh rantai. Kalau sudutnya sudah terlalu lancip, mata gear ini tidak akan mampu lagi menahan posisi rantai. Akibatnya rantai yang tidak bisa ditahan dengan baik oleh mata gear tersebut bakal gampang terlepas.

Rantai Sudah Kendur

Rantai sepeda memang tidak terpasang benar-benar pas pada gear. Tujuannya adalah melancarkan perputaran dari rantai tersebut. Namun apabila ukurannya sudah terlalu kendur, rantai tersebut tentu sudah tidak layak digunakan lagi. Jika Anda terus memaksakan diri memakai rantai yang kendur akibatnya rantai menjadi mudah terlepas dari gear. Anda bisa memendekkan ukurannya dengan memotong rantai tersebut secukupnya. Kalau ada tabungan yang cukup, silakan ganti saja dengan rantai yang baru supaya lebih aman.