Ketahui Ciri-ciri Kopi yang Enak untuk Bikin Minuman yang Nikmat Yuk

Sebagai pencinta minuman kopi, Anda tentu menginginkan kopi yang enak untuk diminum. Tapi faktanya kopi yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang berbeda-beda. Dibutuhkan ketelitian dan kejelian yang tinggi bagi Anda untuk memilih mana kopi yang paling enak. Perlu diketahui, kualitas kopi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti penanaman, panen, penyortiran, roasting, pengemasan, dan penyeduhannya.

Kopi yang berkualitas terbaik dikenal dengan istilah specialty grade one. Kopi ini mempunyai mutu yang paling bagus, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Kira-kira kopi berstandar specialty grade one hanya sebanyak 10 persen dari total kopi yang dipanen. Bahkan bisa kurang dari itu. Lalu proses pengolahan selanjutnya pun turut mempengaruhi kualitas kopi. Kopi specialty grade one sendiri biasanya dipakai untuk membuat kopi tubruk.

Ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan untuk menilai enak tidaknya suatu kopi. Di bawah ini merupakan beberapa pertanda yang mesti Anda cermati dengan baik!

KEMASAN

Kopi yang dikemas dengan wadah plastik pasti memiliki kualitas yang rendah. Kopi yang enak selalu dikemas menggunakan kantung berbahan aluminium. Bahan ini memiliki permeability yang rendah sehingga dapat menjaga kualitas kopi di dalamnya. Perlu diketahui, oksigen adalah musuh utama kopi yang telah disangrai. Oksigen tidak akan mudah mencemari kopi yang dikemas dengan aluminium.

Pada kemasan kopi dari aluminium biasanya juga terdapat lubang valve. Di samping berguna untuk mengeluarkan oksigen dari dalam kemasan, lubang tersebut juga dapat Anda manfaatkan untuk mencium aromanya. Biji kopi yang sudah disangrai akan menghasilkan oksigen. Jika tidak dilengkapi dengan lubang valve, kemasan tersebut akan mengembung dan berisiko mudah pecah.

BENTUK

Kopi yang dijual di pasaran ada yang berbentuk biji yang sudah disangrai, ada pula yang berbentuk bubuk siap seduh. Disarankan belilah kopi yang berbentuk biji karena rasa dan aromanya lebih awet. Tetapi Anda membutuhkan alat penggiling biji kopi (grinder) untuk membuatnya menjadi bubuk. Meskipun kelihatannya merepotkan, justru Anda bisa mendapatkan kopi yang benar-benar pas.

Sementara itu, kopi yang dijual dalam bentuk bubuk memiliki keunggulan karena lebih praktis. Namun Anda harus memahami bahwa ada banyak pilihan tingkat kehalusan dari bubuk kopi. Peruntukannya pun berbeda-beda. Kopi yang halus biasanya dipakai untuk membuat kopi tubruk. Rasanya lebih enak kalau memakai kopi halus. Sedangkan kopi yang berukuran kasar bisa digunakan untuk membuat espresso.

USIA

Maksud usia di sini adalah lama waktu kopi berada di luar kemasannya atau setelah kemasan tersebut dibuka. Maksimal kopi yang kemasannya telah dibuka harus diminum tidak lebih dari 7 hari. Jika lebih dari seminggu, aroma kopi akan hilang dan rasanya pun berbeda. Itu sebabnya, kami menyarankan Anda untuk memilih kopi dalam kemasan kecil jika ingin dikonsumsi pribadi.

WUJUD

Kopi yang paling baik adalah kopi yang baru disangrai. Rasa dan aroma kopi tersebut masih optimal. Jika diperhatikan dengan baik, kopi yang baru disangrai akan memiliki warna cokelat tua dan agak mengkilap. Kilauan ini sendiri berasal dari minyak yang dihasilkan oleh biji kopi pada waktu disangrai. Kandungan minyak inilah yang menjadi salah satu penentu tingkat kekentalan kopi.

RASA

Kopi yang enak mempunyai rasa yang kompleks. Jadi semua aspek rasa pada kopi tadi saling mengombinasi dengan baik. Tahukah Anda, ada 3 karakteristik dasar dari kopi antara lain nutty, chocollaty, dan citrusly. Nutty merupakan gambaran rasa dari biji kopi itu sendiri. Chocollaty mewakili rasa dan aroma cokelat yang ada di dalam kopi. Sedangkan citrusly adalah kadar rasa asam alami khas kopi.