Inilah 8 Penyebab Kura-kura Berkelahi yang Harus Anda Waspadai

Memelihara kura-kura memang asyiknya tidak sendirian. Maksudnya ialah Anda bisa memiliki beberapa ekor kura-kura sekaligus agar suasananya semakin ramai. Semakin banyak kura-kura yang berhasil Anda koleksi, maka semakin asri pula pemandangannya. Namun di sisi lain merawat kura-kura yang banyak ini terasa semakin merepotkan loh. Ada juga kemungkinan timbul bentrok antar kura-kura karena berbagai masalah. Perkelahian ini bahkan bisa menyebabkan kematian pada kura-kura tersebut.

Sebenarnya boleh-boleh saja menggabungkan berbagai kura-kura dari jenis yang berbeda-beda di dalam kandang yang sama. Tapi tentunya ada aturan-aturan yang harus Anda taati supaya keamanan kura-kura tersebut tetap terjamin. Kami sendiri sudah pernah membagikan kiat-kiatnya ya. Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada terhadap kemungkinan perkelahian antara kura-kura, khususnya kura-kura air yang notabene mempunyai sifat yang lebih agresif dan buas dibandingkan kura-kura darat.

Biasanya sih perkelahian antara kura-kura ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah sepele sampai penyebab yang serius, di antaranya meliputi :

Ukuran Kandang Terlalu Sempit

Saat Anda berniat untuk memelihara kura-kura, maka sudah menjadi kewajiban pokok bagi Anda untuk menyediakan tempat tinggal yang layak untuk kura-kura tersebut. Pada dasarnya semakin luas ukuran suatu kandang, maka kura-kura yang tinggal di dalamnya pun akan semakin bahagia. Begitu pula dengan populasi kura-kura pun harus diimbangi dengan ukuran kandang tersebut. Kalau kandang terlalu sempit, kura-kura pun bakal saling berimpit-impitan yang menyebabkan risiko perkelahian meningkat.

Karakteristik Kura-kura Berbeda

Sah-sah saja kalau Anda berniat untuk membangun kebun binatang mini yang berisi aneka ragam kura-kura dari berbagai jenis. Tetapi Anda harus menyadari bahwa setiap jenis kura-kura itu mempunyai sifat dan karakteristik yang unik. Bukan tidak mungkin pula antara jenis kura-kura yang satu dengan jenis lain memiliki perbedaan yang mencolok. Hal ini harus Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh. Perbedaan sifat/karakteristik kura-kura ini sering kali menjadi penyebab utama kura-kura saling bertengkar.

Jenis Kelamin Kura-kura Sama

Sama halnya seperti manusia, kura-kura bakalan tertarik dengan lawan jenisnya. Jika dia dipaksa untuk tinggal bersama dengan kura-kura lain yang memiliki jenis kelamin sama, ada kemungkinan kura-kura ini tak bisa saling cocok satu sama lainnya. Maka tinggal menunggu waktu saja bagi kura-kura tersebut akan berkelahi. Terutama untuk kura-kura predator jantan yang umumnya mempunyai kecenderungan untuk mempertahankan wilayah tinggalnya. Kura-kura ini rawan melakukan perkelahian.

Perbedaan Ukuran Postur Tubuh

Kalau Anda ingin menempatkan berbagai macam kura-kura di kandang yang sama, kami sarankan untuk memilih kura-kura yang mempunyai postur yang seragam. Artinya perbedaan ukuran kura-kura tersebut tidak terlalu mencolok. Sebab jika Anda menggabungkan kura-kura yang besar dan kecil secara bersama-sama, maka ada kemungkinan kura-kura kecilnya bakalan sering diintimidasi oleh si kura-kura yang lebih besar. Bahkan bisa jadi kura-kura besar akan memakan kura-kura yang ukurannya masih sangat kecil.

Kura-kura Kekurangan Makanan

Penyebab lainnya dari kasus bentrok yang terjadi pada kura-kura adalah kekurangan makanan. Ternyata tidak cuma manusia saja yang emosinya tidak stabil apabila sedang lapar, kenyataannya kura-kura juga merasakan hal yang serupa. Kura-kura yang kekurangan makanan ini mudah marah terhadap kura-kura lainnya. Malahan kalau perbedaan ukurannya sangat mencolok, bukan tidak mungkin akan terjadi kasus kanibalisme di sini. Jadi memang penting sekali memberikan makanan yang cukup kepada kura-kura.

Kondisi Kandang Tidak Nyaman

Anda juga harus memperhatikan kondisi kandang kura-kura dengan baik. Terutama mengenai tingkat kenyamanan kandang tersebut yang mesti Anda perhatikan dengan sebaik-baiknya. Sering kali terjadi perkelahian kura-kura yang dipicu oleh masalah kandang kura-kura yang tidak nyaman. Contohnya nih kandang tersebut terlalu panas, kotor, atau pengap sehingga membuat kura-kura merasa tidak nyaman saat berada di dalamnya. Hal ini membuat kasus perkelahian kura-kura rawan terjadi di sini.

Terdapat Kura-kura yang Agresif

Anda harus menyadari bahwa sifat dan karakteristik kura-kura itu bermacam-macam. Tidak semuanya kura-kura itu jinak dan bisa Anda campurkan dengan mudah bersama kura-kura dari jenis lain. Ada pula kura-kura tipe predator yang mempunyai perangai sangat agresif, liar, dan buas. Kura-kura ini biasanya lebih sering melakukan perkelahian sebab emosinya untuk menjaga daerah tempat tinggal begitu tinggi. Anda harus menyiasati agar kura-kura predator tadi mau akur bersama kura-kura jenis lainnya.

Hendak Melakukan Perkawinan

Ada satu lagi penyebab kura-kura mengapa melakukan perkelahian antar-sesamanya. Apakah itu? Tak lain adalah sedang musim perkawinan. Biasanya sih emosi kura-kura akan meningkat selama musim ini. Apalagi kalau dia tak bisa menemukan lawan jenis yang bisa diajak melakukan perkawinan, maka sudah pasti perkelahian pun bakalan terjadi. Tidak sedikit pula kura-kura betina yang tidak suka dengan seekor kura-kura jantan dan akhirnya berujung pada perkelahian kedua ekor kura-kura tersebut.