Cara Membuat Agar-agar Kopi Jelly dengan Mudah, Anda Pasti Suka!

Bagaimana cara membuat kopi jelly? Apakah Anda pernah bertanya-tanya seperti itu? Yap, kopi memang bisa dibuat menjadi jelly dapat menggoda selera siapa pun yang melihatnya. Rasanya pun sangat nikmat. Perpaduan antara kopi yang memiliki citarasa dan aroma yang khas dengan jelly yang bertekstur kenyal. Wajib dicoba deh buat Anda yang mengaku pencinta kopi.

Pada dasarnya, proses pembuatan coffee jelly ini masih sama seperti pada saat kita ingin membuat jelly biasa. Anda bisa menggunakan tepung jelly yang sudah banyak dijual di supermarket di Indonesia. Nah biar rasa jelly kopi buatan Anda mengandung kesan yang mendalam, Anda perlu menambahkan beberapa bahan sebagai penguat citarasa.

Beruntung karena kami mempunyai resep spesial untuk membuat kopi jelly yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jangan lupa dicatat dengan baik dan dipraktikkan secara langsung ya!

Bahan Pertama :

  • 1 bungkus jelly bubuk
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 2 gelas susu cair
  • 1/4 sdt ekstrak vanili
  • 1 cup gula pasir

Bahan Kedua :

  • 1 bungkus jelly bubuk
  • 2 sdm kopi bubuk
  • 1 cup gula pasir
  • 2 gelas air

Cara Membuat :

  1. Siapkan sebuah panci yang bersih. Masukkan semua bahan pertama ke dalam panci tersebut. Di antaranya yaitu bubuk jelly, cokelat bubuk, susu cair, ekstrak vanili, dan gula pasir. Setelah itu, aduklah bahan-bahan ini agar tercampur rata.
  2. Siapkan kompor. Nyalakan kompor dengan api ukuran sedang. Letakkan panci tadi di atas kompor. Masak sampai adonan pertama mendidih. Kemudian kecilkan nyala api dan aduk adonan tersebut hingga matang.
  3. Siapkan cetakan jelly yang bersih. Tuangkan adonan pertama di atas ke dalam cetakan tersebut hingga memenuhi setengah volume cetakan. Biarkan adonan jelly ini mengeras kurang lebih selama 30 menit. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa meletakkannya di depan kipas. Jangan pernah memasukkan adonan ke dalam kulkas karena bisa merusak kulkas tersebut.
  4. Saatnya memasak bahan yang kedua. Prosesnya kurang lebih sama seperti langkah-langkah di atas. Setelah adonan matang, Anda bisa menuangkannya ke dalam cetakan persis di atas lapisan bahan pertama. Diamkan sejenak supaya kedua lapisan jelly mengeras. Setelah suhunya normal, Anda bisa memasukkan cetakan jelly ini ke dalam kulkas.
  5. Silakan keluarkan jelly yang sudah mengeras dari cetakannya. Susun sedemikian rupa di atas piring saji. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan whipped cream.