Tips Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan & Mengecilkan Perut

Bersepeda merupakan kegiatan yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan Anda. Asalkan dilakukan dengan tepat, berat badan Anda akan menurun drastis apabila rutin mengendarai sepeda setiap hari. Anda pun bisa mendapatkan tubuh ideal yang selama ini Anda idamkan dengan lebih mudah dan lebih sehat tentunya.

Bersepeda termasuk olahraga kardio yang sangat bagus untuk membakar timbunan lemak di dalam tubuh Anda. Sama seperti lari, jogging, atau renang, bersepeda juga sering direkomendasikan oleh pelatih fitness kepada kliennya yang sedang bermasalah dengan berat badan. Faktor yang perlu Anda perhatikan adalah berfokuslah mengendarai sepeda sebagai bentuk olahraga. Jadi hindari bersepeda secara santai karena tidak akan berguna pada pembakaran lemak.

Ada beberapa kiat yang perlu Anda garis bawahi supaya olahraga bersepeda yang Anda kerjakan bermanfaat pada penurunan berat badan, antara lain :

  1. Sarapan Sebelum Bersepeda

Walaupun Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, Anda tetap harus membekali tubuh dengan nutrisi yang cukup. Melewatkan waktu sarapan justru akan menimbulkan penyakit lain. Sedangkan bila Anda sarapan setelah bersepeda malah porsinya terlalu banyak sebab tubuh merasa kelaparan. Pilihlah jenis makanan yang sehat serta tidak mengandung lemak.

  1. Sayuran dan Protein

Bekal yang paling bagus sebelum bersepeda ialah sayuran dan protein. Kedua bahan makanan ini sangat baik dalam mendukung pertumbuhan sel-sel otot yang baru tanpa membuat berat Anda bertambah secara signifikan. Konsumsi sayuran hijau tinggi serat yang dimasak tidak terlalu lama. Untuk protein, Anda bisa mendapatkannya dari telur, daging ayam, dan ikan. Makanan-makanan ini mampu meningkatkan kekuatan tubuh Anda sehingga bisa bersepeda dengan lebih jauh.

  1. Jangan Konsumsi Suplemen Diet

Kini ada banyak sekali produk berupa suplemen yang membantu kelancaran diet Anda. Bila Anda ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, sebaiknya jauhilah suplemen-suplemen semacam. Pasalnya suplemen diet tersebut sering memiliki efek samping menurunkan performa tubuh. Anda akan merasa tidak bersemangat jika mengonsumsinya.

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Orang awam beranggapan semakin banyak keringat yang dikeluarkan saat berolahraga maka semakin efektif pula olahraga yang dilakoninya. Lantas mereka pun sengaja mengenakan pakaian yang tebal saat bersepeda supaya tubuh merasa kepanasan dan akhirnya jumlah keringat yang keluar pun semakin banyak. Padahal pendapat ini belum tentu benar. Jauh lebih baik apabila Anda mengenakan pakaian yang bisa membuat Anda merasa nyaman sehingga mampu menempuh jarak yang jauh menggunakan sepeda.

  1. Fokus Pada Tujuan Awal

Ingat bahwa saat ini Anda bersepeda untuk menurunkan berat badan. Abaikan segala bentuk godaan-godaan yang mampu membuat tujuan Anda tersebut tidak tercapai. Bersepedalah dengan mengeluarkan tenaga penuh. Hindari bersepeda santai, menikmati pemandangan alam terlalu lama, atau mengobrol dengan teman-teman yang lain. Proses pembakaran lemak saat Anda menempuh jarak 1 km dengan energi maksimal akan lebih efektif dibandingkan dengan bersepeda jarak jauh sejauh 5 km namun dilakukan secara perlahan-lahan.