5 Cara Merawat Sepeda Listrik yang Benar Biar Gak Cepat Rusak Nih!

Bahan bakar listrik merupakan teknologi masa depan yang kini terus dikembangkan sebagai penggerak kendaraan. Listrik dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Tenaga yang mampu dicapainya pun sangat baik, hampir setara dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

Teknologi bahan bakar listrik pun merambah pada kendaraan yang berjenis sepeda. Bedanya teknologi yang tertanam hanya berfungsi sebagai tenaga pembantu, bukan tenaga utama. Jadi pengendara tetap harus mengayuh sepeda untuk bisa menggerakkannya. Karena dibantu memakai tenaga listrik, kayuhan pedal sepeda pun terasa lebih ringan. Sepeda tipe ini sangat cocok untuk digunakan Anda yang ingin bersepeda secara santai.

Biar awet, Anda perlu merawat sepeda listrik yang telah dimiliki dengan benar. Berikut ini kiat-kiat yang harus Anda perhatikan :

  1. Pastikan Rem Tidak Bermasalah

Seperti kita tahu, fungsi utama rem adalah menghambat perputaran roda. Anda bisa memperlambat laju sepeda cukup dengan menekan tuas rem. Masalahnya cengkeraman rem yang berhubungan langsung dengan roda sering kali mengalami masalah. Jika Anda tidak menyadari permasalahan tersebut, gerakan roda pun terhambat akibat terus tercengkeram rem. Hasilnya pemakaian energi listrik pun menjadi boros dan tidak efektif.

  1. Lakukan Charging secara Rutin

Baterai yang tertanam di dalam sistem sepeda listrik mudah sekali mengalami kerusakan. Salah satu penyebab timbulnya kerusakan tersebut ialah waktu charging yang tidak tepat serta baterai dibiarkan kosong dalam waktu yang cukup lama. Waktu yang paling tepat untuk mengisi ulang daya baterai adalah saat mendekati kosong. Hindari melakukan charge ketika energi masih tersisa setengah karena justru dapat memperpendek usia baterai.

  1. Charging dalam Waktu yang Tepat

Kasus salah kaprah yang masih diyakini sebagian besar masyarakat Indonesia semakin lama mengisi ulang daya baterai maka akan semakin bagus sehingga daya baterai akan bertambah banyak. Padahal overcharging justru dapat mengakibatkan kerusakan serius pada baterai tersebut. Baterai akan menggelembung dan kemampuan penyimpanan listriknya akan melemah jika terus diisi ulang secara berlebihan sehingga tidak dapat dipakai lagi.

  1. Hindari Jalanan yang Menanjak

Sepeda listrik sebaiknya hanya digunakan di area perkotaan yang mempunyai kondisi jalan mulus dan cenderung rata. Hindari mengendarai sepeda listrik di daerah pegunungan yang banyak memiliki tanjakan dan turunan yang curam. Jika tanpa sengaja Anda menemui jalan yang menanjak, disarankan untuk memutar dan memilih jalan lain yang lebih datar. Bila tidak ada jalan alternatif, lebih baik silakan dituntun saja sepeda tersebut.

  1. Berikan Service secara Berkala

Tidak hanya sepeda motor, sepeda listrik pun harus mendapatkan service secara berkala. Hanya saja karena belum banyak bengkel yang melayani service sepeda listrik, ada baiknya Anda belajar dan melakukannya sendiri. Service harus dilakukan secara teratur untuk menghindari terjadinya kerusakan komponen-komponen sepeda listrik. Begitu pula ketika Anda merasakan ada sesuatu yang tidak beres dengan sepeda kesayangan Anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan perbaiki kerusakannya.